Pengaruh Insiden Sepang Tahun Lalu terhadap Garasi Yamaha Saat Ini KontakPerkasa Futures, Nuansa antara Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di garasi Yamaha rupanya benar-benar jadi berbeda setelah insiden MotoGP Malaysia di Sepang tahun lalu.

Hal itu diungkap oleh Managing Director Yamaha MotoGP Lin Jarvis ketika membicarakan kejadian di Sepang 2015 yang ketika itu benar-benar menghantam peluang juara Rossi dalam persaingannya dengan Lorenzo–rekan setimnya sendiri di Movistar Yamaha.

Seperti sudah banyak terdokumentasi, Rossi terlibat insiden dengan rider Repsol Honda Marc Marquez di Sepang. Hal itu membuat Rossi dihukum start dari posisi belakang dalam balapan pamungkas di Valencia.

Pada satu titik, Rossi pun menuding Marquez sudah membantu Lorenzo, rekan senegaranya di Spanyol, untuk jadi juara dunia MotoGP 2015. Apa yang sudah terjadi saat itu rupanya tidak bisa dilupakan begitu saja.

“Apa yang terjadi di Sepang merupakan sesuatu yang amat tidak menguntungkan. Itu sudah pasti memberi pengaruh besar pada akhir kejuaraan musim lalu dan pastinya mempengaruhi nuansa di garasi,” ucap Jarvis seperti dikutip Autosport.

“Sebelum Sepang, kami sudah memiliki Jorge dan Vale kembali bersama-sama selama 3,5 musim. Sejujurnya, hubungan mereka ketika itu berjalan amat bagus. Tentu saja mereka senantiasa jadi pesaing tapi hubungannya tetap baik dan kami saling berinteraksi satu sama lain dengan sangat bagus dan bebasnya.

“Itu berubah setelah Sepang, ini kenyataan yang tak terbantahkan. Apakah saya atau Yamaha berandai-andai mengubah pendekatan terkait situasi ketika itu? Tidak. Kami percaya dengan cara kami menangani sebuah situasi yang amat sulit, dan kami sudah bertindak dengan cara terbaik yang dapat kami lakukan,” tuturnya.

Musim ini Lorenzo dan Rossi masih sama-sama bernaung di bawah tim pabrikan Yamaha. Namun, musim depan Lorenzo sudah memastikan pindah haluan ke Ducati sementara Rossi masih bertahan di Yamaha. (hnm)