Penjelasan Lengkap Madrid soal Kegagalan Transfer De Gea KontakPerkasa Futures, Real Madrid akhirnya memberikan keterangan resmi terkait kegagalan transfer David de Gea dari Manchester United. Los Blancos secara runtut menjelaskan kronologis kejadian versi mereka.

Batalnya transfer De Gea menjadi berita terbesar di media-media Inggris dan Spanyol pada hari Selasa (1/9/2015). Meski semua pihak yang terkait sudah mencapai kata sepakat, transfer tersebut tak terealisasi karena masalah administrasi.

Kesepakatan bernilai 40 juta euro (sekitar Rp 634 miliar) antara Madrid dan MU seharusnya membuat De Gea bergabung dengan Madrid sekaligus mengirim Keylor Navas ke MU. Akan tetapi, karena dokumen-dokumen transfer tidak beres tepat waktu, transfer pun batal terwujud.

Dalam pernyataan yang dimuat di situs resminya, Madrid menegaskan bahwa mereka telah berusaha semaksimal mungkin agar transfer bisa terwujud. Klub ibukota Spanyol itu pun mencoba menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya versi mereka.

Berikut pernyataan lengkap Madrid:

1.- Manchester United tidak memulai negosiasi terkait David de Gea hingga pagi hari kemarin.

2.- Real Madrid, di luar kesulitan-kesulitan yang ditimbulkan atas operasi dengan karakteristik seperti itu pada hari terakhir pendaftaran, telah setuju untuk memulai negosiasi.

3.- Ketika Manchester United melakukan proses negosiasi pada pagi hari kemarin mereka melakukan itu dengan mengondisikan pada dicapainya kesepakatan dengan pemain Real Madrid, Keylor Navas, agar bergabung dengan klub Inggris tersebut di musim kompetisi ini, dan menginformasikan bahwa mereka sedang melakukan kontak dengan perwakilan dari pemain tersebut.

4.- Real Madrid dan Manchester United telah mencapai kesepakatan langsung atas transfer dari kedua pemain tersebut. Setelah penyusunan dari masing-masing dokumen kontrak yang diperlukan dan dengan maksud agar dapat memprosesnya dalam waktu yang memadai baik untuk Transfer Matching System di FIFA (TMS) maupun pendaftarannya di LFP (otoritas Liga Spanyol), Real Madrid mengirimkan kepada Manchester United kedua kontrak tersebut pada pukul 13.39 waktu Spanyol.

5.- Manchester United memberikan tanggapan atas kontrak-kontrak tersebut delapan jam kemudian, pada pukul 21.43 waktu Spanyol, termasuk di dalamnya beberapa modifikasi kecil. Karena tidak terlalu signifikan, semua modifikasi-modifikasi tersebut langsung disepakati oleh Real Madrid, dengan maksud agar dapat mendaftarkan pemain, baik di TMS maupun di LFP.

6.- Real Madrid, setelah mendapatkan tanda tangan dari De Gea dan Keylor Navas, mengirimkan kontrak-kontrak yang telah ditandatangani tersebut kepada Manchester United pada pukul 23.32 waktu Spanyol. Real Madrid kemudian menunggu dokumen-dokumen itu ditandatangani oleh pihak Manchester United.

7.- Manchester United mencapai kesepakatan final dengan perwakilan dari Keylor Navas pada pukul 23.53 waktu Spanyol dan pada saat itulah kontrak dikirimkan kepada pihak pemain untuk ditandatangani.

8.- Manchester United memasukkan ke TMS data-data transfer David de Gea, namun tidak demikian halnya dengan data dari Keylor Navas, pada pukul 00.00 waktu Spanyol, dan pada saat yang bersamaan mengirimkan kepada Real Madrid kontrak-kontrak dari transfer yang telah ditandatangani. Real Madrid menerima dokumen lengkap pada pukul 00.02 dan mencoba untuk mengakses TMS tapi pada saat tersebut telah ditutup.

9.- Pada pukul 00.26 waktu Spanyol sistem informatika TMS di FIFA menyampaikan undangan kepada Real Madrid untuk memenuhi data-data pemain David de Gea, mengingat bahwa waktu pendaftaran di Inggris tetap dibuka hingga hari ini. Real Madrid, menghadapi kemungkinan diajukannya gugatan atas transfer pemain tersebut; telah memutuskan untuk mengirimkan kontrak-kontrak tersebut kepada LFP meski menyadari bahwa periode transfer telah ditutup.

10.- Terakhir, Real Madrid telah melakukan semua hal yang dibutuhkan di sepanjang waktu demi menuntaskan kedua transfer itu. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.