Penurunan Saham Jepang Seret Saham Asia Terkait Yen ditengah Gejolak Suriah KontakPerkasa Futures, Saham Asia jatuh, terseret lebih rendah oleh penurunan saham Jepang karena yen menguat pasca Turki tembak jatuh pesawat tempur Rusia, memicu permintaan untuk aset haven.

Indeks MSCI Asia Pacific Index turun sebesar 0,1 persen ke level 134,37 pukul 09:02 di Tokyo. Indeks Topix Jepang turun 0,5 persen pasca yen naik 0,3 persen terhadap dolar pada Selasa. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan penembakan jatuh pesawat negaranya oleh pasukan Turki di dekat perbatasan dengan Suriah timur laut akan memiliki “konsekuensi serius.” indeks Stoxx Europe 600 turun sebesar 1,2 persen pada Selasa.

Sementara aksi jual saham Eropa terkait berita pesawat perang, dampaknya lebih terbatas di Amerika Serikat seiring analis politik di Rusia dan Eropa mengatakan eskalasi besar tampaknya tidak mungkin mengingat risiko yang terkait dengan konflik antara Rusia dan Turki, anggota NATO. Jatuhnya pesawat Rusia seiring Brussels tengah waspada terhadap teror tingkat tertinggi di tengah para pejabat menyebut sebegai ancaman teroris kredibel dan pasca Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan peringatan global untuk Amerika.

Indeks Asia Pasifik turun 2,5 persen tahun ini, bersiap untuk penurunan tahunan pertama beruntun sejak tahun 2002 karena investor menilai perlambatan ekonomi China ditengah persiapan pejabat tinggi Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga pada awal bulan depan. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.