Penyusup Lintasan Sempat Foto-foto, Vettel Semoga Hasilnya Bagus KontakPerkasa Futures, Penyusup lintasan di GP Singapura ternyata sempat mengambil gambar dengan kamera foto. Menyebut aksi orang tersebut sebagai tindakan gila, Vettel mendoakannya dapat ‘jepretan’ yang bagus.

“Saya sampai harus memastikan lagi karena saya saya tidak yakin apakah apa yang saya lihat benar. Tapi saya melihat seseorang melintasi trek dan melalui radio saya bilang: “Seseorang menyeberang trek”,” sahut Vettel menyoal masuknya penyusup ke dalam lintasan saat digelar GP Singapura, Minggu (20/9/2015) malam WIB.

Penyusup tersebut masuk lintasan di lap 38, dan sampai memaksa safety car diturunkan ke trek. Rekaman CCTV menunjukkan kalau si penyusup itu masuk setelah memanjat salah satu pagar. Dia sempat berjalan sekitar 30 meter di lintasan, menyeberang jalan, dan kemudian keluar lintasan melalui salah satu celah pagar.

“Saya pikir saya melihatnya mengambil foto – saya harap hasilnya bagus, setidaknya fokus,” seloroh pebalap Ferrari yang jadi pemenang di balapan tersebut.

“Itu gila. Kami mendekati tikungan itu dengan kecepatan 80-90. Kalau saya jadi dia, saya tidak akan menyeberang lintasan. Itu gila, dan kami langsung melihat safety car diturunkan,” lanjut dia di Crash.

Masuknya penyusup ke tengah lintasan juga mengundang komentar dari banyak tim. Bos Red Bull, Christian Horner, menyebut aksi penyusup bukan hanya membahayakan dirinya sendiri tapi juga membahayakan pebalap.

“Di dunia nyata, itu seharusnya tidak bisa terjadi. Jadi saya yakin FIA, yang bertanggung jawab terkait hal-hal keselamatan, akan mencermati hal tersebut dan mengetahui bagaimana penonton bisa berada di dalam sirkuit. Jelas itu tidak cuma berbahaya untuknya, tapi juga untuk para pebalap,” seru Horner.

Bos Tim Mercedes, Toto Wolff, mengkhawatirkan kejadian tersebut bisa memicu kecelakaan hebat di dalam lintasan. Dia juga mempertanyakan bagaimana mungkin ada penyusup bisa masuk melewati penjagaan marshal yang berjaga di sepanjang trek.

“Dia mungkin sudah menghabiskan beberapa gelas bir. Itu peringatan bahaya, karena itu bisa saja menyebabkan kecelakaan hebat. Saya tidak tahu bagaimana dia bisa masuk ke sana. Dia pasti menyelinap di suatu tempat di antara penjagaan marshal, dan itu berbahaya untuk pebalap,” timpalnya di Autosport. (hnm)