PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Harga emas memperpanjang keuntungannya dari minggu lalu di sesi perdagangan Eropa pada hari Senin, tetap berada di dekat level terkuat dalam lebih dari dua tahun, sementara perak melonjak ke level yang tidak terlihat sejak Juli 2014.

Pasar keuangan AS akan ditutup pada hari Senin ini karena Hari Libur Kemerdekaan, sehingga kondisi perdagangan tipis dan sepi.

Emas untuk pengiriman Agustus di divisi Comex Bursa Perdagangan New York naik ke puncak intraday $1,360.30 per troy ounce sebelum jatuh kembali ke $1,353.00 pada pukul 13.53 WIB naik $14,00, atau 1.05%.

Emas melonjak $16,70, atau 1,27%, pekan lalu, kenaikan lima minggu beruntun. Logam mulia naik hampir 9% pada bulan Juni, kenaikan bulanan terbesar sejak Februari lalu. Harga emas naik hampir 25% sepanjang tahun ini, melengkapi catatan rekor salah satu kenaikan terkuat pada semester pertama.

Emas telah didukung dengan baik di sesi terakhir di tengah memudarnya ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve dalam beberapa bulan ke depan dan investor terus mencerna dampak politik dan ekonomi dari keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Logam kuning melonjak ke $1,362.60 pada 24 Juni, level yang tidak terlihat sejak Maret 2014, setelah kejutan referendum Inggris Raya untuk keluar dari Uni Eropa membuat investor membanjiri aset safe haven.

Para pelaku pasar mengesampingkan kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh Fed tahun ini setelah terjadinya referendum Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa. Bahkan, pasar berjangka sekarang mencerminkan kemungkinan bahwa Fed benar-benar bisa menurunkan suku bunga sebelum akhir tahun. Menurut perangkat CME Fed Watch, saat ini ada probabilitas 0% dari kenaikan suku bunga Fed pada bulan Juli dan probabilitas 3% dari penurunan suku bunga.

Juga di Comex, perak berjangka untuk pengiriman September melonjak lebih dari 6% untuk menyentuh harga tertinggi harian $21,22 per troy ounce, tertinggi dalam dua tahun, sebelum berbalik lagi untuk diperdagangkan di $20,47, naik 88,2 sen, atau 4,5%.

Perak berjangka melonjak $1,75, atau 9,87%, pekan lalu, kinerja terbaik mingguan sejak Agustus 2013.

Di tempat lain, tembaga berjangka menguat 2,6 sen, atau 1,17%, ke $2,243 per pon pada sesi awal di London.

Pada minggu ini, pelaku pasar akan mengalihkan perhatian mereka sedikit menjauh dari berita utama terkait Brexit dan lebih ke arah fundamental ekonomi serta kebijakan moneter AS, dengan laporan upah non-pertanian bulan Juni dan risalah pertemuan FOMC dalam sorotan. Ada juga data layanan ISM, hari Rabu. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES