Perbankan diizinkan Pangkas Rasio Cadangan Mengirim Saham China ditutup MenguatSaham China naik mengirimkan Indeks Shanghai Composite menuju ke level tertingginya dalam dua bulan terakhir pasca bank sentral memperluas jumlah bank kreditur yang memenuhi syarat untuk memangkas rasio cadangan kebutuhan mereka.

Indeks Shanghai Composite naik sebesar 0,7 persen ke level 2,085.98 pada penutupan perdagangan. Indeks Hang Seng China Enterprises di Hong Kong naik kurang dari 0,1 persen pukul 03:10 sore waktu setempat. Pihak otorias telah mengambil langkah-langkah seperti menurunkan persyaratan cadangan dan mempercepat belanja publik untuk menopang perekonomian China setelah perluasan berada di laju paling lambat dalam enam kuartal terakhhir untuk periode Januari-Maret.

Indeks Hang Seng Hong Kong melemah sebesar 0,2 persen. Indeks CSI 300 naik sebesar 0,7 persen pada penutupan. Indeks saham China-AS Bloomberg turun kurang dari 0,1 persen pada jumat lalu.

Bank Sentral China (PBOC) mengatakan akan mengurangi persyaratan rasio cadangan sebesar 0,5 persentase poin untuk sebagian besar bank-bank komersial kota, tingkat non-kabupaten bank kreditur komersial pedesaan dan koperasi pedesaan mulai hari ini, menurut pernyataan yang dimuat di situsnya pada 9 Juni lalu. Cina Minsheng, China Merchants Bank Co dan Bank Industri tidak berada di antara bank-bank yang memenuhi syarat untuk pemotongan.

Artikel: kontakperkasa futures.a