(THE SUN OUT, THE SUN ON SUNDAY OUT)  of Liverpool during the Barclays Premier League match between Everton and Liverpool on October 04, 2015 in Liverpool, United Kingdom.

(THE SUN OUT, THE SUN ON SUNDAY OUT) of Liverpool during the Barclays Premier League match between Everton and Liverpool on October 04, 2015 in Liverpool, United Kingdom.

 KontakPerkasa Futures, Hanya beberapa jam setelah hasil imbang di Merseyside Derby, Brendan Rodgers dipecat dari posisi sebagai manajer Liverpool. Manajemen The Reds tak puas dengan kinerja Rodgers di awal musim ini, meski persentase kemenangannya masih jadi salah satu yang terbaik.

Rodgers dipecat setelah Liverpool cuma membawa pulang hasil 1-1 dalam lawatan ke Everton, Minggu (4/10/2015) malam WIB. The Reds unggul lebih melalui Danny Ings, namun disamakan Romelu Lukaku akibat kesalahan barisan belakang.

Rumor pemecatan Rodgers sebenarnya sudah tersiar sejak beberapa pekan lalu, setelah James Milner dkk menelan kekalahan beruntun dari West Ham United dan Manchester United, untuk kemudian diimbangi Norwich City 1-1. Namun baru di pekan ini surat pemecatan itu akhirnya resmi keluar.

Dikutip dari Opta, hingga laga terakhirnya menghadapi Everton, Rodgers tercatat punya persentase kemenangan sebesar 51,6%. Sejak era Premier League, dia adalah pelatih dengan persentase kemenangan terbesar kedua di belakang Rafael Benitez 55,3%.

Berikut data dan fakta Brendan Rodgers, seperti dikutip dari Reuters:

* Brendan Rodgers lahir di Carnlough, Irlandia Utara pada 26 Januari 1973

* Sebagai pemain sepakbola profesional Rodgers tak banyak berkarier di negaranya. Dia sudah dikontrak Reading sejak masih remaja.

* Rodgers harus menerima kenyataan pahit karena karier profesionalnya sebagai pesepakbola tak bertahan lama. Karena masalah genetik pada lutut, dia harus pensiun di usia 20 tahun.

* Klub pertama yang dilatih Rodgers adalah Watford di tahun 2008. Sebelumnya dia melatih tim muda Reading dan memimpin tim reserve Chelsea.

* Selanjutnya Rodgers melatih Reading dalam periode Juni sampai Desember 2009. Di Juli 2010 dia mengikat kontrak dengan Swansea.

* Rodgers meraih sukses besar bersama Swansea. Dia mengangkat The Swans dari Divisi Championship ke Premier League melalui babak playoff.

* Keberhasilan Rodgers bersama Swansea terbukti bukan sekadar nasib baik karena di musim 2011/2012 dia mengantar klub tersebut duduk di posisi 11 klasemen akhir Premier League.

* Kinerjanya yang oke bersama Swansea itulah yang membuat Liverpool tertarik mempekerjakannya. Dia dikontrak The Reds sebagai manajer pada 1 Juni 2012, menggantikan Kenny Dalglish.

* Laga kompetitif pertama Rodgers adalah di ajang Liga Europa, di mana The Reds menang 1-0 atas FC Gomel.

* Salah satu hasil terburuk Liverpool di musim pertama Rodgers adalah saat mereka disingkirkan Oldham Athletic pada babak keempat Piala FA.

* Di musim 2013-14 Rodgers mengantar Liverpool finis di posisi dua klasemen akhir Premier League. Di sepanjang musim The Reds membuat 101 gol. Itu merupakan posisi tertinggi Liverpool sejak musim 2008-09.

* Capaian tersebut membuar Rodgers dapat tambahan kontrak. Pada 26 Mei 2014 dia menandatangani deal baru berdurasi empat musim.

* Tapi di musim selanjutnya penampilan Liverpool merosot. Dia akhir 2014/2015 The Reds menyudahi musim di urutan enam. Rodgers pun menjadi manajer pertama sejak 1950 yang gagal mempersembahkan titel juara setelah menjabat posisi manajer setelah tiga musim.

* Liverpool memecat Rodgers hanya setelah delapan pertandingan di musim ini. Menyusul hasil imbang 1-1 dengan Everton, ‘Si Merah’ kini ada di posisi 10 klasemen Premier League.

* Sejak era Premier League, Rodgers adalah manajer dengan prosentase kemenangan tertinggi kedua (51,6%) di Liverpool. Dia cuma kalah dari Rafael Benitez, dengan 55,3% kemenangan didapat. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.