Pertumbuhan Sektor Jasa Perancis Alami Kontraksi Bersama Dengan Aktivitas ManufakturIndustri manufaktur dan jasa Perancis menyusut pada September, dalam tanda prospek perekonomian Perancis terus memburuk.

Indeks Purchasing Managers untuk dua industri turun ke level 49,1 dari 49,5 pada bulan Agustus kemarin, berada di bawah level 50 bertanda menunjukkan ekspansi untuk bulan kelima, Markit Economics yang berbasis di London mengatakan hari ini. Para ekonom telah memperkirakan penurunan ke level 49,4. Sementara Indeks acuan pabrik naik ke level 48,8 dari 46,9, masih menandai penghematan, dan indeks jasa turun ke level 49,4 dari 50,3.

Sementara itu bersama para ekonomi yang gagal untuk pertumbuhan dalam dua kuartal pertama dan defisit anggaran yang meningkat untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir, data hari ini menambahkan bukti bahwa Prancis mungkin akan stagnan di babak kedua. Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan kemarin bahwa pemulihan Zona Euro telah kehilangan momentumnya.

Aktivitas manufaktur dan jasa mungkin juga melambat di Jerman, para ekonom mengatakan, dengan indeks yang akan diterbitkan pukul 09:30 pagi waktu Frankfurt diperkirakan akan turun ke level 53,5 pada September ini dari level 53,7. Indeks acuan serupa untuk Zona Euro tidak berubah di level 52,5, mereka meramalkan jelang data yang dirilis pukul 10:00 pagi.

Draghi mengatakan kemarin bahwa para otoritas dapat menerapkan stimulus lebih jika diperlukan untuk mencegah ancaman deflasi di Zona Euro. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.