Perusahan Australia Bersiaga Pasca Merosotnya Kepercayaan Terkait Perlambatan China KontakPerkasa Futures, Kepercayaan bisnis Australia jatuh pada bulan Juli, yang dipimpin oleh sektor pertambangan dan perusahaan konstruksi terkait meningkatnya kekhawatiran tentang permintaan sumber daya dalam menanggapi goyahnya prospek pertumbuhan China.

National Australia Bank Ltd. Index sentimen merosot ke 4 dari revisi 8 pada bulan Juni, sebuah survei yang diambil 27 Juli – 31 Juli menunjukkan. Kondisi bisnis yang tertaksir, ukuran perekrutan, penjualan dan keuntungan, merosot ke 6 dari revisi 10.

“Sementara kepercayaan berkurang di sebagian besar sektor industri, banyak perubahan yang berasal dari sektor pertambangan dan perusahaan konstruksi, yang meliputi saham besar dari perusahaan non-perumahan dan perusahaan rekayasa, menunjukkan peningkatan dalam kekhawatiran pertumbuhan China bisa menempatkan perusahaan dalam kewaspadaan,” kata Alan Oster , kepala ekonom NAB.

Pembuat kebijakan Australia menghadapi desakan yang bertentangan: upah yang stagnan dan pertumbuhan yang di bawah tren, namun perekrutan tahun ini berada di level terbaik sejak 2008 dan konstruksi perumahan melonjak pada tingkat suku bunga ke rekor terendah sebesar 2 persen. Kontras itu diringkaskan dalam perkiraan bank sentral yang dirilis minggu lalu yang menandakan bahwa tingkat pengangguran telah mencapai puncaknya bahkan saat proyeksi kenaikan pertumbuhan ekonomi ditangguhkan ke tahun 2017.

Oster mengatakan bahwa dilihat dari volatilitas, baik kondisi dan keyakinan tetap “menunjukkan perubahan” dalam ekonomi sektor non-pertambangan.

“Ketiga komponen dari kondisi, perdagangan, profitabilitas dan pekerjaan, jatuh di bulan ini, dengan perdagangan mengalami penurunan yang paling besar, turun sebanyak 8 , dan lapangan pekerjaan kembali berada di daerah negatif,” katanya. “Tapi meskipun jatuh, baik kondisi perdagangan dan profitabilitas relatif masih tetap tinggi.”(hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.