PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Lionel Messi tidak menyembunyikan kekecewaannya usai Argentina dikalahkan Chile di final Copa America Centenario. Kendati begitu, Messi diyakini bakal segera pulih.

Argentina kalah 2-4 dari Chile lewat babak adu penalti pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion Metlife, East Rutherford, New Jersey, Senin (27/6/2016) pagi WIB. Bagi Argentina, itu adalah kekalahan kedua dari Chile di final dalam dua tahun terakhir.

Sementara, bagi Messi sendiri, itu adalah keempat kalinya ia merasakan kekalahan di final turnamen besar. Sebelum kalah di final Copa America Centenario, ia (dan Argentina) kalah di Copa America 2007, Piala Dunia 2014, dan Copa America 2015.

Wajar kalau setelah pertandingan, Messi tampak emosional; ia tidak menyembunyikan tangisannya. Bahkan, di hadapan kamera televisi, ia terang-terangan mengakui, bahwa setelah kalah di empat final, prestasi di kancah internasional memang bukan miliknya.

Pada saat yang sama pula, Messi menyatakan dirinya pensiun dari tim nasional Argentina. Beberapa pihak, seperti kiper Argentina, Sergio Romero, merasa bahwa Messi hanya terbawa emosi saja ketika mengucapkannya. Sementara, legenda hidup sepakbola Argentina, Diego Maradona, meminta Messi untuk tidak pensiun dulu dan kembali memperkuat ‘Tim Tango’ di Piala Dunia 2018.

Simpati muncul untuk Messi dari berbagai pihak, termasuk dari pemain depan Atletico Madrid dan timnas Prancis, Antoine Griezmann. “Mungkin itu cuma reaksi spontan, tapi setelah itu kita harus menerima kenyataan,” ujar Griezmann.

Kini, dukungan datang dari rekan Messi di Barcelona, Gerard Pique. Kendati juga baru tersingkir dari Piala Eropa 2016 –setelah Spanyol dikalahkan Italia 0-2 di perdelapanfinal–, Pique masih sempat memberikan komentar positif untuk Messi.

“Saya belum bicara dengan Messi. Apa yang saya tahu sama seperti kalian semua,” ujar Pique seperti dilansir Soccerway.

“Saya paham bahwa itu adalah pukulan telak buatnya. Tapi, saya tahu seberapa kompetitifnya dia. Saya yakin, dia bakal bangkit, seperti yang sudah pernah dia lakukan sebelum-sebelumnya,” kata Pique. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES