PT KONTAK PERKASA FUTURES – Paul Pogba pernah meninggalkan Manchester United kala memilih menerima pinangan Juventus. Kini ia kembali dengan memecahkan rekor transfer dunia.

Pogba bergabung dengan akademi MU pada tahun 2009. Baru dua tahun kemudian, Pogba dipromosikan ke tim utama dan melakukan debutnya di bawah Sir Alex Ferguson.

Namun Pogba jarang mendapat kesempatan bermain. Di Premier League musim 2011/2012, Pogba cuma tampil tiga kali, semuanya sebagai pemain pengganti.

Musim panas 2012, Pogba akhirnya meninggalkan Old Trafford. Gelandang asal Prancis itu menerima pinangan Juventus. Kala itu, Pogba digaet dari MU dengan status bebas transfer. Juve cuma membayar development fee sebesar 800 ribu pounds.

Empat tahun berseragam Bianconeri, Pogba menuai sukses besar. Ia mengantar ‘Si Nyonya Besar’ memenangi empat scudetto dan dua Coppa Italia.

Kini Pogba kembali ke Old Trafford. ‘Setan Merah’ mengeluarkan dana mencapai 110 juta euro (sekitar Rp 1,6 triliun) untuk membawa pulang gelandang berusia 23 tahun itu.

Angka tersebut menjadi rekor pemain termahal di dunia mengalahkan Gareth Bale kala diboyong Real Madrid dari Tottenham Hotspur dengan nilai transfer 100 juta euro pada 2013 silam.

Berikut adalah data dan fakta dari Pogba seperti dikutip dari Reuters:

Lahir: 15 Maret 1993, di Lagny-sur-Marne, Prancis

Karier klub

– Lulus dari sistem pembinaan Le Havre dan bergabung ke akademi Manchester United pada Oktober 2009 dengan kontrak tiga tahun.

– Dipromosikan ke tim utama oleh Sir Alex Ferguson pada Februari 2011 dan melakukan debutnya sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 3-0 di Piala Liga Inggris atas Leeds United di bulan September.

– Bergabung dengan Juventus pada Juli 2012 dengan kontrak empat tahun.

– Memenangi empat titel Serie A dan dua Coppa Italia.

– Membantu Juventus lolos ke final Liga Champions pada 2015 di mana mereka kalah dari Barcelona.

Karier internasional

– Mengapteni Prancis U-20 menuju gelar juara Piala Dunia pada 2013.

– Debut di tim nasional senior di kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Georgia pada Maret 2013.

– Mencetak gol perdana di tim nasional senior di kualifikasi Piala Dunia melawan Belarusia di bulan September.

– Terpilih sebagai pemain muda terbaik di Piala Dunia 2014.

– Membantu Prancis lolos ke final Piala Eropa 2016. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES