PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Polandia tidak ingin memikirkan mengenai posisi akhir nantinya mereka di Grup C. Kemenangan atas Ukraina adalah yang menjadi fokus utama ‘Si Putih-Merah’.

Polandia akan memainkan pertandingan terakhir babak grup melawan Ukraina di stadion Stade Velodrome, Marseille, Selasa dini hari. Robert Lewandowski dkk. sedang bersaing dengan Jerman dan Irlandia Utara untuk memperebutkan  predikat juara grup.

Polandia yang sekarang duduk di peringkat kedua klasemen dengan nilai empat, poin yang sama di raih oleh Jerman tapi kalah dalam jumlah selisih gol sedangkan Irlandia Utara di urutan ketiga dengan tiga poin. Dengan begini, apabila Polandia dan Jerman sama-sama menang maka selisih gol yang akan menjadi penentunya.

Sementara itu, menjadi juara grup akan sedikit diuntungkan karena akan menghadapi lawan yang relatif lebih mudah yaitu posisi ketiga Grup A,B, atau F.

“Ini adalah pertandingan terpenting kami — begitulah pemikiran kami,” ujar pelatih Polandia Adam Nawalka di UEFA.com. “Ukraina adalah tim bagus dengan para pemain yang punya bakat tinggi. Mereka berlaga di kompetisi-kompetisi Eropa dengan klub masing-masing, jadi itulah kami mesti bersiap dengan baik secara emosi maupun fisik.”

“Penting bahwa setiap orang siap dan saya bisa bergantung pada mereka. Saya tidak ingin bericara tentang posisi akhir kami, hal yang penting adalah tiga poin.”

Ukraina gagal total di Piala Eropa 2016 karena langsung tersingkir di babak grup dengan meraih dua kekalahan, yaitu melawan Jerman 0-2 dan Irlandia Utara dengan skor yang sama. Meski begitu, bukan berarti Ukraina akan mudah dilewati Polandia.

“Ada beberapa periode ketika Ukraina menciptakan peluang untuk menyamakan skor saat melawan Jerman. Mereka bisa mengancam di set-piece dan bermain dengan sangat baik di pertandingan itu. Hal ini menunjukkan bahwa, mereka kuat,” imbuh Nawalka.

Kewaspadaan Nawalka cukup beralasan. Sejak menang 3-1 di kualifikasi Piala Dunia 2002, Polandia tiga kali dikalahkan Ukraina dan dua kali imbang, termasuk kekalahan di dua pertemuan mereka di kualifikasi Piala Dunia 2014. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES