Portugal Masih Sulit Menang di Laga Pertamanya KontakPerkasa Futures, Portugal diimbangi Islandia di laga pertamanya di Piala Eropa 2016. Hasil itu melanjutkan catatan tak mengesankan Portugal di laga-laga pembuka turnamen besar.

Portugal yang tergabung di Grup F mengawali kiprahnya di Piala Eropa 2016 dengan menghadapi tim debutan, Islandia. Dalam pertandingan di Stade Geoffroy Guichard, Saint-Etienne, Rabu (15/6/2016) dinihari WIB, Portugal harus puas dengan hasil imbang 1-1.

Nani membawa Portugal unggul lebih dulu lewat golnya di menit ke-31. Namun Islandia mampu mencetak gol balasan di babak kedua melalui sepakan Birkir Bjarnason. Terus menggempur di sisa waktu, Portugal tetap tak mampu membuat gol kemenangan.

Bagi Portugal, hasil itu meneruskan catatan buruknya di awal turnamen besar. Dari empat keikutsertaan di turnamen, dua Piala Dunia dan dua Piala Eropa, Portugal tak pernah memulai dengan kemenangan.

Di Piala Dunia 2010, Portugal hanya bermain imbang 0-0 melawan Pantai Gading di laga pembuka. Dua tahun kemudian, Portugal takluk 0-1 di tangan Jerman di pertandingan pertama Piala Eropa 2012.

Start Portugal di Piala Dunia 2014 lebih buruk. Kembali bertemu Jerman, yang pada akhirnya keluar sebagai juara, Cristiano Ronaldo dkk. kalah telak 0-4.

Kendati demikian, hasil imbang teranyar melawan Islandia yang membuat Portugal tak pernah menang di laga pembuka di empat turnamen besar terakhir itu, tak lantas membuat mereka bisa dicoret dari persaingan. Setidaknya itu terbukti di Piala Eropa 2012 di mana Portugal bisa melaju sampai semifinal.

Portugal selanjutnya akan menghadapi Austria pada hari Sabtu, (18/6/2016). (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.