PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Portugal tak sekalipun meraih kemenangan di fase grup Piala Eropa. Meski lolos dengan statistik pas-pasan, Luis Nani yakin kalau kans juara masih terbuka.

Portugal selalu tampil lebih dominan dari tiga lawannya di tiga pertandingan fase grup. Selain unggul penguasaan bola, Cristiano Ronaldo dkk juga selalu menciptakan lebih banyak peluang.

Tapi tidak ada satupun kemenangan diraih Portugal. Di pertandingan pertama, meski unggul lebih dulu, mereka pada akhirnya harus puas dengan skor 1-1- saat berhadapan dengan Islandia.

Sementara di laga kedua, ketidakberuntungan memayungi karena penalti Ronaldo jelang laga tuntas gagal. Laga berakhir 0-0. Portugal kemudian bisa mencetak tiga gol di laga dengan Hongaria, tapi itu juga dibarengi dengan lahirnya tiga gol ke gawang mereka.

Tiga pertandingan dan tiga kali imbang. Portugal lolos sebagai salah satu pemegang tiket posisi tiga terbaik. Mereka menjadi satu-satunya tim yang masuk 16 besar tanpa meraih kemenangan.

“Tentu saja saya kecewa kami kemasukan tiga gol, tapi kami sedikit tidak beruntung dengan dua gol mereka yang merupakan pantulan. Jadi kami (kini) gembira, kami di fase selanjutnya, dan akan tetap fokus serta tetap meyakini akan meraih target-target,” ucap Nani.

Meski belum merasakan kemenangan, Nani tetap yakin kalau Portugal akan bisa meraih target yang sudah dipasang sebelum kompetisi dimulai: menjadi pemenang.

“Saya katakan yang sejujurnya, sebelum datang ke sini kami mengatakan kalau ambisi kami sangat tinggi. Kami katakan kalau kami ingin memenangi kompetisi ini. Setiap tim yang kami hadapi, kami harus yakin kami bisa memenanginya jadi tidak masalah siapa yang akan kami hadapi sekarang. Itu akan menjadi pertandingan yang sulit menghadapi Kroasia. Mereka punya satu hari lebih banyak untuk istirahat tapi kami profesional, jadi kami akan menjalani istirahat yang cepat dan bersiap untuk pertandingan,” lanjutnya di Guardian.

Jika Portugal gagal menang di fase grup, Kroasia tampil sangat meyakinkan. Mereka dapat dua kemenangan yakni atas Turki dan Spanyol, serta satu laga lainnya yakni hasil imbang 2-2 dengan Republik Ceko. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES