Potensi Sengitnya Duel Jerman vs Polandia KontakPerkasa Futures, Polandia cuma sekali menang dalam 20 pertemuan dengan Jerman. Tapi kedua tim “sama kuat” dalam empat duel terakhir. Bagaimana dinihari nanti?

Sejauh ini Jerman dan Polandia sudah berjumpa 20 kali di berbagai ajang. Jerman unggul telak dengan 13 kemenangan, berbanding kemenangan tunggal milik Polandia–dengan enam laga lain berakhir seri.

Pun begitu, pada empat duel terakhir Jerman dan Polandia sama-sama meraih satu kemenangan dengan dua laga lain berakhir imbang; di kualifikasi Euro 2016, Polandia menang 2-0 di Warsawa untuk dibalas Jerman dengan kemenangan 3-1 di Frankfurt.

Kecenderungan tersebut membuat laga di Stade de France, Saint-Denis, Jumat (17/6/2016) dinihari WIB, berpotensi menghadirkan duel sengit. Apalagi kedua tim juga sama-sama sudah memulai Piala Eropa kali ini dengan kemenangan.

Berikut data dan fakta seputar pertandingan nanti seperti dirangkum Opta

– Polandia cuma meraih satu kemenangan dari 20 pertandingan lawan Jerman (1 menang, 6 seri, 13 kalah). Hal itu terjadi pada Oktober 2014 (kualifikasi Piala Eropa).

– Tapi Polandia juga cuma sekali kalah dalam empat pertemuan terakhir dengan Jerman (1 menang, 2 seri, 1 kalah).

– Polandia belum pernah mengalahkan Jerman di sebuah turnamen besar (1 seri, 3 kalah di Piala Dunia/Eropa). Mereka juga belum pernah mencetak gol lawan Jerman di kedua turnamen itu.

– Sepasang gol Lukas Podolski membawa Jerman menang 2-0 atas Polandia di Piala Eropa 2008. Ini menjadi pertemuan satu-satunya di ajang tersebut sejauh ini, sekaligus menjadi satu-satunya Polandia kebobolan lebih dari satu gol di turnamen itu.

– Jerman membuat delapan clean sheet dalam 12 duel terakhirnya lawan Polandia.

– Jerman memenangi delapan dari 10 pertandingan terakhirnya di Piala Eropa, cuma kalah dua kali (final 2008 vs Spanyol dan semifinal 2012 vs Italia).

– Jerman cuma sekali gagal bikin gol dalam 13 partai terakhirnya di Piala Eropa, yakni final 2008 lawan Spanyol (kekalahan 0-1).

– Akan tetapi, Jerman gagal mencetak gol dalam tiga dari empat pertandingan terakhirnya di Stade de France (seluruhnya lawan Prancis, 1 menang, 1 seri, 2 kalah).

– Polandia memenangi partai pembukanya lawan Irlandia Utara, mengakhiri rentetan enam pertandingan tanpa kemenangan di Piala Eropa. Itu juga merupakan kali pertama mereka membuat clean sheet di turnamen.

– Polandia belum pernah mencetak lebih dari satu gol di Piala Eropa (7 pertandingan).

– Robert Lewandowski sudah bikin gol dalam dua dari tiga penampilannya untuk Polandia melawan Jerman. Ia tidak membuat satu tembakan pun ke gawang Irlandia Utara dalam partai pertama Polandia di Euro 2016.

– Jakub Blaszczykowski sudah terlibat langsung dalam tiga gol terakhir Polandia di Piala Eropa (1 gol, 2 assist).

– Mesut Oezil telah membuat delapan assist di Piala Dunia dan Piala Eropa sejak 2010 (4 di masing-masing turnamen), lebih banyak dari pemain lain.

– Thomas Mueller belum membuat gol atau membuat assist dalam enam pertandingan Piala Eropa. Di sisi lain, ia punya 10 gol dan enam assist di 13 partai Piala Dunia.

– Joachim Loew sudah menjadi pelatih dalam 12 pertandingan Piala Eropa, jumlah terbanyak dalam sejarah turnamen tersebut. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.