Potensi Tiga Poin di Laga Perdana Les Bleus KontakPerkasa Futures, Prancis tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir menghadapi Rumania. Di sisi lain, Rumania tak pernah menang di laga pembuka Piala Eropa. Tiga poin untuk Les Bleus?

Prancis vs Rumania akan menjadi laga pembuka Piala Eropa 2016. Pertandingan perdana tersebut akan dilangsungkan di Stade de France, Sabtu (11/6/2016) pukul 02:00 dinihari WIB nanti.

Dijagokan akan menjadi juara, Prancis diunggulkan bisa melalui laga perdana ini dengan meraih tiga poin. Statistik berpihak kepada skuat besutan Didier Deschamps.

Berikut data dan fakta laga Prancis vs Rumania, dikutip dari Skysports dan uefa.com:

– Prancis tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir menghadapi Rumania (W5 D5). Namun begitu, dalam lima pertemuan terakhir, empat di antaranya berakhir imbang.

– Kemenangan terakhir Rumania atas Prancis terjadi di April 1972, dalam sebuah laga ujicoba yang dilangsungkan di Bucharest (2-0).

– Ini akan menjadi pertemuan ketiga Prancis dan Rumania di Piala Eropa, di mana semuanya terjadi di fase grup. Di dua pertemuan sebelumnya cuma menghasilkan satu gol. Prancis menang 1-0 di Piala Eropa 1996, dan berimbang tanpa gol di Piala Eropa 2008.

– Pada laga-laga turnamen di Stade de France (Piala Dunia dan Piala Konfederasi), Prancis meraih enam kemenangan dan sekali imbang dari tujuh pertandingan.

– Rumania tak pernah menang di laga pembuka Piala Eropa 2016 (D3 L1).

– Rumania menjadi tim dengan pertahanan paling kuat di Kualifikasi Piala Eropa 2016. Cuma dua gol bersarang di gawang mereka dalam 10 pertandingan.

– Pada delapan pertandingan terakhir di putaran final Piala Eropa, Prancis melewati lima di antaranya tanpa bisa mencetak gol.

– Les Bleus sudah tampil sembilan kali di putaran final Piala Eropa. Dua di antaranya dituntaskan dengan jadi juara yakni saat jadi tuan rumah di 1984 dan yang kedua pada tahun 2000. Cuma Jerman dan Spanyol yang punya gelar juara lebih banyak (

– Didier Deschamps adalah kapten saat Prancis menjadi juara Piala Eropa tahun 2000. Sementara di Piala Dunia 2014 lalu, dia mengantar timnya sampai babak perempatfinal.

– Sementara bagi Anghel Iordanescu, ini adalah turnamen mayor keempatnya bersama Rumania. Sebelumnya dia mengantar Rumania berlaga di Piala Dunia 1994, Piala Eropa 1996 dan Piala Dunia 1998. Hasil terbaik yang dia raih adalah perempatfinal Piala Dunia 1994, bersama Gheorghe Hagi dkk.

– Deschamps masih bermain di lapangan tengah Prancis dan Iordanescu sudah menjadi pelatih saat Prancis dan Rumania berhadapan di Piala Eropa 1996. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.