PT KONTAK PERKASA FUTURES – Pound terdorong menguat pada hari Kamis dengan investor masih menunggu untuk melihat apakah Bank of England akan memangkas suku bunga ke rekor terendah baru setelah Brexit, sementara yen merosot ke posisi terendah tiga minggu yang baru terhadap dolar.

GBP/USD mencapai level tertinggi pada 1,3276 dan terakhir di 1,3213, naik 0,52% untuk hari ini.

BoE akan mengumumkan keputusan kebijakan moneter terbarunya dan mempublikasikan risalah pertemuan sesaat lagi.

BoE dapat memotong suku bunga ke rekor terendah 0,25% dari 0,5%, di mana angka tersebut telah dipatok selama tujuh tahun dan bisa juga meluncurkan program pelonggaran kuantitatif baru untuk melindungi ekonomi Inggris Raya dari kejatuhan Brexit.

Gubernur BoE Mark Carney telah mengindikasikan bahwa pelonggaran moneter akan diperlukan setelah terjadinya referendum untuk meninggalkan Uni Eropa.

Sterling juga menemukan dukungan setelah Perdana Menteri Inggris baru Theresa May menunjuk Philip Hammond sebagai Kanselir baru Menteri Keuangan Britania Raya, menggantikan George Osborne.

Berbicara pada hari Kamis, Kanselir Hammond mengatakan perekonomian Inggris Raya telah “menerima kejutan”, dengan perusahaan dan konsumen tidak siap untuk referendum Brexit, tetapi menambahkan bahwa ia akan melakukan apapun yang diperlukan untuk menstabilkan ekonomi dan mengembalikan kepercayaan.

Ia juga menegaskan bahwa ia tidak akan menyediakan anggaran darurat dalam beberapa minggu ke depan setelah ide itu diutarakan oleh pendahulunya.

Yen jatuh ke posisi terendah tiga minggu terhadap dolar pada hari Kamis di tengah harapan untuk pelonggaran lebih lanjut oleh Jepang.

USD/JPY naik 1,1% pada 105,65, level tertinggi sejak 24 Juni, meraih peningkatan di minggu ini sebanyak 4,8%.

Yen telah jatuh setelah koalisi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mendapat kursi mayoritas dalam pemilihan parlemen pada hari Minggu, menguatkan harapan paket baru langkah-langkah stimulus untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Mata uang Jepang itu juga tertekan laporan dari Bloomberg bahwa mantan Kepala Federal Reserve AS Ben Bernanke telah memberikan ide “uang helikopter” bersama dengan salah satu penasihat utama Perdana Menteri Shinzo Abe pada bulan April.

“Helikopter uang” adalah istilah untuk menggambarkan bagaimana bank sentral bisa membiayai anggaran pemerintah secara langsung sebagai cara untuk memerangi deflasi.

Euro sedikit menguat terhadap dolar, dengan EUR/USD naik 0,13% di 1,1105.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lain, stabil di 96,31. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES