PT KONTAK PERKASA FUTURES – Dolar tetap melemah terhadap mata uang utama lainnya pada Senin sore, dengan investor terus mengunci keuntungan dari reli terbaru greenback dan perdagangan diperkirakan tetap tenang dengan tidak adanya data utama AS sepanjang hari ini.

Greenback telah didukung secara luas dalam beberapa pekan terakhir di tengah harapan bahwa peningkatan belanja fiskal dan pemotongan pajak di bawah pemerintahan Trump akan memacu pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Dolar juga telah didorong oleh pandangan bahwa kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve pada bulan Desember mendekati kepastian.

Pasar AS dibuka hanya setengah hari pada hari Jumat karena libur Thanksgiving.

EUR/USD menguat 0,46% ke 1,0636, meskipun kenaikan euro diperkirakan akan tetap terbatas di tengah kekhawatiran referendum Italia yang akan datang.

Pada tanggal 4 Desember warga negara Italia dijadwalkan memberikan suara dalam referendum mengenai apakah akan merombak konstitusi nasional mereka. Hal tersebut seharusnya membantu Perdana Menteri Matteo Renzi menerapkan reformasi ekonomi yang sangat dibutuhkan.

Pemungutan suara secara luas dilihat sebagai hal yang menentukan nasib politik Renzi mengingat ia dapat mengundurkan diri jika hasil suara “tidak” menang. Poling terbaru menunjukkan sebagian besar warga Italia menentang perubahan konstitusi yang diusulkan.

Di tempat lain, GBP/USD meluncur 0,34% diperdagangkan pada 1,2431.

USD/JPY melemah 0,75% ke 112,36, mundur dari level tertinggi delapan bulan Jumat 113,91 disentuh di awal hari ini, sementara itu USD/CHF turun 0,33% ke 1,0110.

Dolar Australia dan Selandia Baru menguat, dengan AUD/USD naik 0,35% di 0,7470 dan NZD/USD terdorong 0,40% ke 0,7071.

Sementara itu, USD/CAD menumpahkan 0,32% diperdagangkan pada 1,3472.

Pelaku pasar juga menunggu pertemuan OPEC pada hari Rabu, di tengah meningkatnya ketidakpastian atas kemungkinan kesepakatan pemotongan produksi.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 0,32% pada 101,16, mundur dari puncak 14 tahun Kamis di 102,12. (hnm) – PT KONTAK PERKASA FUTURES