KONTAK PERKASA FUTURESDolar beranjak naik terhadap mata uang utama lainnya pada hari Jumat di tengah ekspektasi luas bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada akhir pertemuan kebijakan pekan ini.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,48% ke 101,60 pada akhir Jumat. Untuk minggu ini, indeks tersebut naik 0,75%.

Sedikit keraguan sekarang tetap ada bahwa Fed akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam satu tahun pada hari Rabu, dengan investor menghargai kesempatan 100% dari peningkatan itu, menurut dana federal berjangka terpantau oleh Perangkat Monitor Suku Bunga.

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan dolar dengan membuat mata uang itu lebih menarik untuk menghasilkan keuntungan bagi investor.

Dolar melonjak terhadap yen, dengan USD/JPY hingga 1,18% ke 115,36 Jumat, level terkuat sejak 9 Februari.

Sementara itu, euro lebih rendah dalam hari kedua setelah Bank Sentral Eropa Kamis lalu mengatakan akan memperpanjang program stimulus pembelian obligasi tambahan selama sembilan bulan, bahkan memotong kembali ukuran pembelian aset.

EUR/USD turun 0,57% di 1,0555 pada akhir Jumat.

ECB mengatakan akan mempertahankan ukuran program pelonggaran kuantitatif bulanan di €80 miliar sampai akhirnya dijadwalkan Maret 2017, dan akan menguranginya ke €60 miliar per April.

Pembelian aset akan terus dalam laju €60 miliar per bulan sampai akhir Desember 2017, atau di luar itu, jika perlu, kata ECB.

Sterling didorong lebih tinggi terhadap euro yang melemah pada hari Jumat, dengan EUR/GBP turun 0,47% ke 0,8400.

Tapi pound catat kerugian minggu pertama dalam empat minggu terhadap dolar karena harapan keluarnya Inggris yang tertunda dari Uni Eropa meredup setelah anggota parlemen mengatakan mereka akan tetap berpegang pada jadwal Brexit Perdana Menteri Theresa May.

GBP/USD berada di 1,2589 di akhir Jumat dan mengakhiri minggu turun 0,62%.

Di tempat lain, dolar AS menyentuh tujuh minggu terendah terhadap dolar Kanada pada hari Jumat karena harga minyak yang lebih tinggi didukung komoditas yang terkait mata uang Kanada.

USD / CAD jatuh ke posisi terendah 1,3153, level terlemah sejak 20 Oktober dan terakhir di 1,3188.

Dalam seminggu ke depan, investor akan mencari kemungkinan sinyal dari Federal Reserve tentang laju kenaikan suku bunga di tahun depan, dengan sedikit keraguan yang tersisa bahwa Fed akan menaikkan suku bunga pada akhir pertemuan di hari Rabu.

Pengamat pasar akan menunggu sejumlah laporan ekonomi AS, termasuk angka penjualan ritel dan inflasi mengenai sinyal segar baru bagaimana kinerja perekonomian pada kuartal terakhir.

Menjelang minggu ini dimulai, Investing.com telah menyusun daftar ini dan peristiwa signifikan lainnya yang cenderung mempengaruhi pasar.

Senin, 12 Desember

Jepang akan mempublikasikan data pesanan mesin inti dan harga produsen.

Inggris Raya akan merilis data industri harga rumah.

Selasa, 13 Desember

China akan menghasilkan data produksi industri dan investasi aset tetap.

Inggris Raya akan melaporkan inflasi harga konsumen.

ZEW Institute akan melaporkan sentimen ekonomi Jerman.

Rabu, 14 Desember

Jepang akan mempublikasikan indeks manufaktur dan non-manufaktur Tankan.

Inggris Raya akan mempublikasikan laporan pekerjaan bulanan yang diawasi ketat.

AS akan merilis data penjualan ritel, produksi industri dan harga produsen.

The Fed akan mengumumkan suku bunga acuan dan mempublikasikan proyeksi ekonomi terbaru. Ketua Fed Janet Yellen akan mengadakan konferensi pers untuk menjelaskan kondisi ekonomi dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan kebijakan moneter tersebut.

Kamis, 15 Desember

Australia akan mempublikasikan laporan pekerjaan bulanan.

Zona euro akan mempublikasikan perkiraan awal kegiatan bisnis sektor swasta.

Swiss National Bank akan mengumumkan keputusan kebijakan moneter terbaru dan mengadakan konferensi pers untuk membahas prospek ekonomi.

Inggris Raya akan merilis data penjualan ritel dan Bank of England akan mengumumkan keputusan kebijakan moneter terbaru.

Kanada akan merilis data manufaktur penjualan.

AS akan melepas sejumlah data, termasuk laporan harga konsumen, klaim pengangguran dan aktivitas manufaktur di wilayah Philadelphia dan New York.

Jumat, 16 Desember

Zona euro akan merilis data inflasi terevisi.

AS akan menutup minggu dengan laporan izin bangunan dan perumahan dimulai. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES