PT KONTAK PERKASA  – Dolar melonjak terhadap sejumlah mata uang utama lainnya pada hari Jumat pekan lalu setelah laporan upah nonpertanian AS menunjukkan perlambatan dalam pekerjaan di bulan Desember namun pertumbuhan upah menjadi yang tercepat selama lebih dari tujuh tahun.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,77% ke 102,17 pada akhir Jumat lalu.

Indeks tersebut telah jatuh dalam dua sesi sebelumnya setelah menyentuh 14 tahun tertinggi 103,82 pada hari Selasa.

Departemen Tenaga Kerja mengatakan ekonomi AS menambahkan 156.000 pekerjaan pada bulan Desember dari bulan sebelumnya, sedangkan tingkat pengangguran naik ke 4,7% dari level terendah sembilan tahun di 4,6% pada bulan November.

Para ekonom telah memperkirakan upah naik 178.000 pekerjaan bulan lalu.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan upah tahunan naik menjadi 2,9% pada bulan Desember dari tahun sebelumnya, terkuat sejak 2009.

Data tenaga kerja itu menunjukkan bahwa ekonomi cukup membaik bagi Federal Reserve untuk terus mendorong kenaikan suku bunga.

The Fed telah mengindikasikan bahwa peningkatan suku bunga tiga perempat persentase poin di tahun 2017.

Ekspektasi tingkat suku bunga yang lebih tinggi cenderung untuk meningkatkan dolar, karena biaya pinjaman yang lebih tinggi membuat mata uang itu lebih menarik menghasilkan keuntungan bagi investor.

Dolar naik 1,45% terhadap yen, dengan USD/JPY di 117,02 pada akhir Jumat. Pasangan ini mengakhiri pekan dengan keuntungan 0,2%.

Euro jatuh, EUR/USD turun 0,67% di 1,0532 pada akhir perdagangan.

Sterling juga melemah tajam terhadap dolar, dengan GBP/USD jatuh 1,08% diperdagangkan pada 1,2283.

Pound tetap bertahan setelah para pedagang menunggu keputusan tentang apa parlemen Inggris akan menjadi bagian dari negosiasi Brexit.

Dolar melemah terhadap peso Meksiko dengan USD/MXN turun 0,5 ke 2255 setelah bank sentral Meksiko tersebut menegaskan bahwa mereka telah melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk menopang mata uangnya. .

Peso Meksiko telah terpukul oleh pemilihan Donald Trump sebagai presiden AS, di tengah kekhawatiran atas dampak pada perdagangan antara kedua negara.

Dalam seminggu ke depan, investor akan menunggu laporan ekonomi AS, terutama angka penjualan ritel untuk bulan Desember di hari Jumat.

Investor juga akan mengamati penampilan Ketua Fed Janet Yellen, Kamis dan pidato beberapa pejabat Fed lainnya selama seminggu ke depan.

Menjelang minggu ini dimulai, Investing.com telah menyusun daftar ini dan peristiwa signifikan lainnya yang cenderung mempengaruhi pasar.

Senin, 9 Januari

Pasar keuangan di Jepang akan ditutup untuk libur.

Australia akan merilis data izin pembangunan.

Inggris Raya akan merilis data industri inflasi harga rumah.

Presiden Fed Boston Eric Rosengren dan Presiden Fed Atlanta Dennis Lockhart akan berpidato.

Selasa, 10 Januari

Australia akan melaporkan penjualan ritel.

China akan merilis data harga konsumen dan produsen.

Kanada akan mempublikasikan angka izin bangunan.

Juga di hari Rabu, Presiden AS terpilih Donald Trump dijadwalkan mengadakan konferensi pers pasca pemilu pertamanya, dan investor akan mengawasi setiap petunjuk tentang arah kemungkinan kebijakan ekonomi.

Rabu, 11 Januari

Inggris Raya akan merilis laporan manufaktur dan produksi industri serta data perdagangan.

Kamis, 12 Januari

Bank Sentral Eropa akan mempublikasikan risalah pertemuan kebijakan moneter terakhir.

Kanada akan melaporkan inflasi harga rumah baru.

AS akan melepas laporan klaim pengangguran mingguan bersama dengan data harga impor.

Ketua Fed Janet Yellen akan berpidato dalam sebuah acara di Washington.

Juga di hari Kamis, Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker, Presiden Fed Chicago Charles Evans, Fed Atlanta Dennis Lockhart, Presiden Fed St Louis James Bullard dan Presiden Fed Dallas Rob Kaplan akan berpidato.

Jumat, 13 Januari

China akan melaporkan neraca perdagangan.

AS akan mengakhiri minggu dengan laporan penjualan ritel, harga produsen dan sentimen konsumen awal.

Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker juga berpidato. (hnm) –  PT KONTAK PERKASA