5 Jenis Bisnis Halal yang Menguntungkan | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Saat ini bisnis sedang boomingnya bisnis halal. Bank Indonesia (BI) mengakui bahwa potensi industri keuangan syariah di Indonesia cukup besar. Bahkan, potensi industri halal dan keuangan syariah global diprediksi tembus US$ 6,38 triliun di 2021.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menuturkan, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke 10 sebagai player dalam industri keuangan syariah global. Hanya saja, secara umum, posisi Indonesia lebih condong sebagai pasar bagi produk halal.

Menurutnya hal ini menjadi cerminan, bahwa potensi ekonomi syariah sangatlah besar. Ini juga sejalan dengan akan mulai diimplementasikannya UU No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal pada tahun 2019.

Melihat potensi yang begitu besar, tidak ada salahnya jika Indonesia mulai mengembangkan industri halal dan keuangan syariah. Berikut adalah contoh bisnis halal yang bisa Anda kembangkan walau hanya dari rumah :

1. Berjualan Camilan Halal

Membuka usaha makanan/ camilan merupakan bisnis yang sangat potensial karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia dan selalu dibutuhkan. Namun pastikan jika bahan-bahan yang digunakan serta diolahnya adalah jenis makanan yang halal.

Dan, kita juga perlu mempelajari usaha makanan/ camilan apa yang cocok dikerjakan di rumah dengan modal yang kecil. Inilah beberapa usaha makanan yang cocok dijalankan di rumah :

  • Berbisnis jualan aneka kue. Rata-rata masyarakat Indonesia menyukai kue-kue camilan seperti; brownies kukus, kue bolu, kue lapis, lumpia, donat, risoles, dan kue-kue lainnya. Jika rumah Anda berada di tempat yang cukup strategis, Anda bisa berjualan camilan ini di depan rumah dengan memasang display camilan Anda.Jangan lupa untuk mempromosikan usaha kue Anda ke teman-teman, tetangga, dan keluarga. Dan manfaatkan momen-momen penting untuk meningkatkan penjualan usaha kue Anda, misalnya acara ulang tahun, lebaran, hari natal.
  • Berbisnis jualan gorengan. Hampir semua orang pasti menyukai gorengan. Hampir semua kalangan di masyarakat kita suka makan gorengan, seperti; pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, mendoan, bakwan, dan lain-lain.Jika Anda mampu membuat fariasi gorengan yang unik dari gorengan biasa, kemungkinan besar untuk sukses dalam usaha gorengan ini akan semakin besar.

2. Bisnis Online Halal

Saat ini bisnis online merupakan salah satu bisnis paling ngetrend di Indonesia. Selain cenderung lebih mudah, lebih banyak jenisnya, biaya menjalankan bisnis online juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan bisnis konvensional.

Beberapa jenis bisnis online yang saat ini sedang banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia adalah bisnis dropshipping busana muslim misalnya, atau, menjadi blogger dan publisher, membuat toko online, menjual jasa, bisnis afiliasi, dan masih banyak lagi.

Banyaknya pilihan dalam bisnis online memang tidak otomatis membuat kita lebih mudah untuk menjalankannya karena tidak semua jenis bisnis online bisa cocok dengan masing-masing orang. Sebagian orang mungkin lebih cocok menjalankan bisnis dropshipping. Ini tergantung minat dan kemampuan masing-masing orang.

3. Bisnis Handmade

Dibutuhkan seseorang yang memiliki kreatifitas tinggi untuk mengubah barang-barang bekas menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Salah satu contoh adalah memanfaatkan kain perca atau kain bekas yang diubah menjadi sebuah tas unik atau boneka cantik.

Saya sendiri belum pernah melihat langsung proses pembuatannya, tapi ada banyak orang yang berhasil memanfaatkan bahan-bahan bekas di sekitar mereka menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

4. Pulsa

Berkomunikasi dengan handphone sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Tentunya para pengguna telepon genggam ini akan membutuhkan pulsa agar dapat menggunakan gadget mereka tersebut. Nah, inilah peluang usaha rumahan yang bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya karena memiliki potensi keuntungan yang lumayan besar.

Dalam menjalankan bisnis berjualan pulsa elektrik, kita tidak membutuhkan modal yang besar. Yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan usaha ini adalah sebuah perangkat handphone untuk melakukan pengiriman pulsa elektrik.

Namun bila Anda ingin menjalankan usaha tersebut dengan membuka konter karena ingin berjualan hp juga, maka modal yang dibutuhkan tentunya akan lebih besar. Selain biaya menyewa tempat, Anda juga harus mempertimbangkan biaya-biaya lain dalam menjalankan bisnis, misalnya biaya listrik, membuat etalase, dan lainnya.

5. Laundry

Usaha laundry ini bisa dimanfaatkan dan cocok bila dijalankan dekat dengan kampus dan juga kost-kostan mahasiswa dan pekerja kantoran. Biasanya mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka. Selain itu, hasil cucian dan setrikaan yang mereka lakukan sendiri sering tidak rapih sehingga mereka cenderung memilih untuk menggunakan jasa laundry.

Saat ini sangat banyak orang yang menggunakan jasa laundry pakaian, selain karena harganya yang sangat terjangkau juga karena hasil cucian dan setrikaan yang diberikan oleh penyedia jasa loundry biasnya lebih rapih dibandingkan bila mengerjakan sendiri. Melihat potensi yang baik dari bisnis ini, tentunya Anda harus mempertimbangkan untuk membuka usaha laundry pakaian.

Bila Anda tidak mau repot memulai dari nol, saat ini bisnis laundry sudah ada waralabanya juga. Anda hanya perlu menyediakan modal awal dan juga tempat untuk mulai berbisnis. Tapi biasanya waralaba bisnis laundry pakaian harganya cukup mahal.

Bila Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli waralaba, sebaiknya Anda memulai sendiri bisnis laundry ini. PT KONTAK PERKASA

Sumber : finance.detik