Ban Pacul Aman Dipakai Saat Hujan? | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Pada dasarnya motor bergaya offroad ditujukan untuk kebutuhan jalan tak rata seperti tanah. Bannya pun dirancang agar bisa menapak dengan sempurna di jalan offroad.

Namun sebagian orang yang sebenarnya menggunakan motor untuk harian ada juga yang memilih motor offroad untuk harian. Lantas apakah ban offroad atau juga dikenal ban pacul aman melintasi jalan basah saat hujan?

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk Dodiyanto menjelaskan bahwa jenis ban tak memberikan pengaruh pada daya cengkeramnya. Perbedaannya hanya berada pada kenyamanan pada pengguna dalam menggunakan bam tersebut.

“Kenyamanan nanti kan ban itu ada murni on road, offroad dan semi. Murni offroad dipakai aspal pasti nggak nyaman,” jawan Dody saat ditemui di Proving Ground Gajah Tunggal, Karawang, Jawa Barat, Kamis (14/11/2019).

Justru jika menilik dari desainnya ban offroad lebih baik untuk menghadapi genangan air karena lebih banyak ulir untuk pembuangan airnya. “Ban offroad buangan airnya lebih banyak,” lanjutnya.

Jenis ban tidak mempengaruhi daya cengkeram pada jalan basah. Dody justru mengingatkan bahwa yang terpenting dalam melintasi jalan basah adalah tekanan angin pada ban.

“Ngeri itu ban biasa kena hujan dan pressure angin nggak pas. Itu biasanya banyak yang bikin kepeleset,” tutupnya PT KONTAK PERKASA

detik.com