Dampak Buruk Rokok Selain Bagi Kesehatan | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Jika Anda seorang perokok, Anda pasti menyadari dampak buruk merokok terhadap kesehatan Anda. Label peringatan pada paket rokok mungkin merupakan white noise untuk Anda, tapi Anda tahu mereka ada di sana, dan Anda mungkin sadar merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker paru-paru, dan penyakit terkait rokok lainnya.

Dan yang merusak seperti merokok bagi kesehatan Anda, itu juga memiliki efek negatif yang cukup besar pada sesuatu yang lain – dompet Anda misalnya.

Memasukkan beberapa rupiah untuk satu bungkus asap mungkin tampak tidak berbahaya, namun biaya untuk mempertahankan kebiasaan ini dalam jangka panjang adalah sesuatu hal yang berbahaya.

Berapa Banyak yang Anda Habiskan untuk Merokok?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, biaya rata-rata sebungkus rokok adalah Rp 17.368, yang berarti kebiasaan sehari-hari membuat Anda kembali Rp 538.408 per bulan atau Rp 6.339.320 per tahun. Sepuluh tahun merokok Anda menghabiskan uang sekitar Rp 63.393.200

Jika Anda tidak pernah menghitung biaya merokok Anda, Anda mungkin akan terkejut mengetahui berapa banyak yang telah Anda habiskan untuk itu.
Saat menggunakan rokok elektronik disebut-sebut lebih murah daripada merokok, biaya vaping dan juga penggunaan produk tembakau tanpa asap juga bertambah jumlahnya.

Jika Anda terlibat dalam kebiasaan tersebut, ada gunanya melihat berapa pengeluaran bulanan, tahunan, dan jangka panjang Anda.

Untuk menekan biaya merokok dalam perspektif, mari kita lihat kebiasaan mahal lainnya. Studi menunjukkan bahwa uang yang dihabiskan untuk minum menyumbang 1 persen dari penghasilan Anda, atau Rp 127.750.000 per tahun, berdasarkan pada rata-rata harga minuman. Jadi, habiskan satu bungkus rokok sehari, dengan menggunakan harga rata-rata, biayanya empat kali berapa biaya minum.

Sementara merokok adalah kebiasaan yang kuat, pertimbangkan apa yang Anda korbankan untuk itu. Mungkinkah uang yang Anda alokasikan untuk rokok dapat dimanfaatkan dengan lebih baik dengan menyimpannya, mendanai perguruan tinggi untuk anak-anak Anda, berkontribusi pada masa pensiun, atau bahkan menghabiskannya untuk membeli sesuatu atau berlibur?

Kembali ke biaya rata-rata tahunan dari kebiasaan sehari-hari, jika Anda memilih untuk menginvestasikan Rp 29.796.000 setiap tahun selama 20 tahun alih-alih merokok, Anda akan mengumpulkan lebih dari Rp 1.300.000.000 (sebelum inflasi) berdasarkan tingkat pengembalian pasar tahunan 7 persen.

Setiap kali Anda melakukan pembelian rokok, Anda memutuskan antara mendanai masa depan Anda atau mendanai kebiasaan yang merugikannya.

Berhenti Merokok Menghemat Lebih dari Uang

Biaya barang kecil bertambah. Dalam kasus merokok, biaya tidak hanya bertambah, tapi juga membawa biaya tambahan dan konsekuensi negatif lainnya. Sekali lagi, cengkeraman merokok sulit dipecahkan, tapi Anda harus banyak memperolehnya – baik secara finansial maupun sebaliknya – dengan menendang kebiasaan tersebut. Ada beberapa sumber yang Anda bisa pelajari untuk membantu Anda memulai proses berhenti merokok. PT KONTAK PERKASA

Sumber : finance.detik