Efek Pemakaian Narkoba, Zat Terlarang yang Menjerat Andi Arief | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Politikus Andi Arief ditangkap polisi karena ketahuan memakai narkoba. Polisi menciduk Wakasekjen Demokrat tersebut di salah satu hotel bilangan Slipi, Jakarta Barat pada Senin (4/3).

Kabareskrim Polri Komjen Idham Azis membenarkan penangkapan Andi Arief, termasuk foto-foto yang beredar.

Konsumsi narkoba dalam jangka pendek dan panjang tentu merugikan kesehatan. Berikut penjelasan seputar dampak penggunaannya.

1. Halusinasi berlebihan
dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN), menjelaskan bahwa efek mengonsumsi narkoba semisal sabu, inex, atau magic mushroom, memang bisa menimbulkan efek halusinasi. Wujud halusinasi bisa bermacam-macam.

“Ya wujud halusinasinya beda-beda bisa auditorik, mendengar suara-suara yang nyuruh atau ngomongin dia dan sebagainya, atau bisa juga visual jadi seperti melihat sesuatu padahal enggak ada,” jelas dr Hari kepada detikHealth.

Narkoba jenis lainnya seperti inex, ganja, LSD, dan magic mushroom juga dapat menyebabkan efek halusinasi yang membuat seseorang secara random melakukan aksi nekat.

2. Tetap merasa fit walau kerja seharian

Dampak penggunaan narkoba dengan jenis sabu sedikit berbeda dengan narkoba jenis heroin atau ganja. Pengguna sabu mampu terus terjaga, konsentrasi, dan melakukan berbagai aktivitas. Sedangkan pengguna heroin atau ganja akan merasakan efek sedasi atau penurunan kesadaran. Hal inilah yang menyebabkan sabu banyak digunakan figur publik.

3. Depresi hingga gagal jantung

Konsumsi narkoba jenis sabu akan terasa 4 hingga 12 jam kemudian. Durasi efek sampingnya bisa berlangusng sampai dengan 24 jam.

“Reaksi balik yang dirasakan yakni konsentrasi berkurang drastis, sakit kepala, depresi, dan kelelahan. Pada saat inilah biasanya kecanduan mulai timbul,” kata dr Andri, SpKJ, FAPM pada detikHealth.

Kondisi lebih berbahaya lagi akan terjadi apabila pengguna menggunakan dosis yang lebih tinggi, bahaya overdosis yang menyebabkan stroke atau bahkan gagal jantung. PT KONTAK PERKASA