Ducati Pamer Desain Motor Listrik | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Ducati seakan tidak ingin ketinggalan dalam menggoda pencintanya untuk menawarkan motor listrik. Kali ini desain motor listrik pun coba diberikan produsen asal Italia ini.

Dikutip MCN, karya terbaik motor listrik Ducati ini disapa ‘For Tomorrow’ karya Ducati Head of Innovation, Pierluigi Zampieri. Selanjutnya motor listrik masa depan ini dikatakan akan menjadi Ducati Future. Namun yang saat ini dikembangkan dikatakan masih dalam bentuk racing alias motor balap listrik.

“Kami masih mengembangkan produksi kami dengan tujuan menjadi yang terbaik saat di lintasan. Tetapi dengan listrik, kesulitannya adalah kompromi antara berat dan kinerja,” ujar Zampieri.

“Memang belum mendapatkan yang terbaik, karena energi yang disimpan tidak tidak cukup tinggi. Untuk itu tantangan utama, secara teknis adalah mencapai target kinerja dan bobot kami,” tambahnya.

Dirinya juga mengatakan menjadi perusahaan besar memang dengan mudah memproduksi satu produk terbaik. Namun pertanyaannya ialah apakah saat ini waktu yang tepat untuk memperkenalkannya? Meski demikian Ducati coba memahahi kebutuhan pasar saat ini.

Dan menurut Zampieri, tantangan motor listrik saat ini tidak berbeda dengan yang dihadapi Ducati beberapa tahun yang lalu ketika memperkenalkan superbike V-twin, dan telah mencapai akhir masa pakainya dan peningkatan kinerja hampir tidak mungkin terjadi.

“Kami telah melakukan banyak diskusi tentang apakah pelanggan kami akan menghargainya atau tidak. Sekarang kami memiliki diskusi serupa (untuk bisa melahirkan motor listrik-Red),” katanya.

“Hari ini mereka menginginkan V4. Pertanyaan besarnya adalah: apakah mereka akan menginginkannya besok, lusa atau nanti? Suatu hari pelanggan Ducati akan meminta Ducati elektrik, bagian yang sulit adalah mengetahui kapan. Kita tahu berapa lama untuk mengembangkan produk yang baik. Kita sudah mengetahui seperti apa motor listrik yang sempurna itu. Masalahnya adalah kapan kita ingin mengeluarkannya?” tambahnya.

Sehingga menurut dirinya, tantangan yang benar-benar dihadapi untuk bisa melahirkan motor listrik ialah bagaimana melahirkan motor listrik dengan karakter Ducati.

“Ini tantangan, tapi saya yakin kita bisa membuat motor listrik murni Ducati dengan karakter Ducati murni. “Dan jika kita melihat keluar, Harley-Davidson misalnya, mereka mulai dari situasi yang mungkin lebih buruk. Jika mereka dapat membentuk suatu produk dan memberikan karakter, saya yakin kita dapat melakukan hal yang sama atau lebih baik,” ujarnya.

Selain itu tantangan Ducati ialah bagaimana membuat para kaum muda memilih Ducati.

“Ini yang kita diskusikan setiap hari. Ini tantangan besar. Saya tumbuh menjadi seorang petrolhead. Kaum muda tidak seperti ini sekarang. Berusaha mempertahankan minat ini pada generasi berikutnya sangat penting,” katanya.

“Dalam lima-sepuluh tahun terakhir lebih banyak perubahan daripada 50 sebelumnya. Ada elektrifikasi, digitalisasi, dan ekonomi berbagi. Internet telah mengubah segalanya tentang perilaku pelanggan. Setiap hari semakin sulit untuk menemukan jalan yang benar untuk masa depan perusahaan,” tambahnya. PT KONTAK PERKASA FUTURES