Jangan Pakai Baju Biru saat Perpanjang atau Bikin SIM Baru | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) diimbau untuk tidak menggunakan pakaian berwarna biru. Imbauan tersebut diberikan oleh pihak kepolisian.

Imbauan untuk tidak menggunakan pakaian berwarna biru disebutkan pihak kepolisian berhubungan dengan permasalahan teknis. Alasannya, warna latar belakang pas foto pada SIM juga memiliki warna biru. Dengan begitu, foto dikhawatirkan kurang jelas.

“Masalah teknis saja, karena background juga berwarna biru jadi akhirnya warna jilbab tidak nampak,” jelas Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar.

Sebelumnya imbauan ini ramai di sosial media instagram. Aku polantasindonesia sudah terlebih dahulu memberikan informasi tersebut.

Dikhawatirkan pemakaian pakaian berwarna biru membuat sebagian gambar akan hilang karena punya warna yang sama dengan latar belakang foto.

Meski begitu, detikers yang sudah terlanjur datang ke tempat perpanjang SIM tak perlu khawatir ketika kebetulan menggunakan pakaian berkelir biru. Fahri menegaskan, walaupun tak disarankan menggunakan pakaian berwarna biru, para pemohon SIM akan tetap dilayani.

“Tetap dipersilahkan,” ungkapnya.

Memiliki SIM memang menjadi kewajiban setiap pengendara motor. Hal tersebut tertuang dalam UU no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Menyoal biaya sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Juknis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) disebutkan tarif, di antaranya;

SIM A
Pembuatan SIM: Rp120.000

Perpanjang SIM: Rp80.000

SIM B1
Pembuatan SIM: Rp120.000

Perpanjang SIM: Rp80.000

SIM B2
Pembuatan SIM: Rp120.000

Perpanjang SIM: Rp80.000

SIM C
Pembuatan SIM: Rp100.000

Perpanjang SIM: Rp75.000

SIM D (penyandang disabilitas/berkebutuhan khusus)

Pembuatan SIM: Rp50.000

Perpanjang SIM: Rp30.000.

PT KONTAK PERKASA FUTURES

detik.com