Kesempatan Untuk Membeli Diharga Rendah Lagi | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Harga emas terkoreksi turun, namun akan terus membuat ketinggian baru, dan pada akhirnya menuju $2,100 dan bisa lebih tinggi, menurut para analis, mengarah $3,000 sampai pada akhir tahun ini.

Minat investor yang sangat kuat di dalam metal berharga membuat rally emas tetap hidup, sementara penggerak makro dari kenaikan harga emas semua tetap utuh untuk menjaga momentum kenaikan harga.

Emas naik ke ketinggian sepanjang waktu pada minggu lalu, pertama menembus $2,000 per ons, kemudian ke $2,050, sebelum menyentuh rekor baru di $2,089.20. Saat ini emas berjangka Comex bulan Desember diperdagangkan di $2,035.54.

Stimulus fiskal dan moneter global telah membuat badai positip yang sempurna bagi emas, meskipun harga emas terkoreksi lebih dari 2% pada hari Jumat, tren secara keseluruhan masih tetap sangat ”bullish”.

Emas dipandang sebagai tempat yang paling aman untuk menjaga bahaya inflasi dengan bank sentral terus mencetak uang untuk mendukung ekonomi di seluruh dunia. Orang memandang emas sebagai tempat penyimpanan yang lebih realistik.

Bank sentral utama dunia sedang bekerja untuk mempertahankan stabilitas dengan memberikan dukungan dan stimulus ekonomi. Hal ini berarti banyak likuiditas sedang mencari tempatnya. Emas adalah salah satunya, saham-saham adalah yang lainnya.

Semua koreksi turun diperkirakan akan dibeli karena banyak investor yang menunggu untuk membeli emas pada harga yang bagus.

“Support” yang kuat menunggu di $2,025, bila berhasil ditembus bisa turun lebih jauh ke $2,011.

Koreksi bisa terjadi namun sepanjang ketidak pastian mengenai virus maka dorongan naik atas emas akan tetap ada, dan tidak ada seorangpun bisa mengatakan hal ini akan bisa diselesaikan dalam 6 bulan ke depan.

Apa yang harus investor perhatikan pada minggu ini adalah negosiasi stimulus fiskal di Washington. Paket stimulus dari pemerintah AS berarti akan ada lebih banyak uang yang akan dicetak dan hal ini akan melemahkan dolar AS dan menaikkan harga emas.

Penggerak utama lainnya dari harga emas minggu ini adalah meningkatnya ketegangan antara AS dengan Cina, khususnya setelah Trump menandatangani “executive order” yang melarang warga AS untuk melakukan bisnis dengan aplikasi Cina, TikTok dan WeChat.

Penurunan harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat di $2,025 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,0211 dan kemudian $2,000. Sedangkan kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $2,074.85 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,086.79 dan kemudian $2,115.68. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting