Manfaat Mengkonsumsi Buah Jeruk Bagi Kesehatan | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Indonesia kaya akan beragam jenis jeruk lokal, contohnya jeruk Sambas yang berasal dari Pontianak. Buah yang berwarna orange ini kaya dengan vitamin c dan serat yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Menurut Kepala Dinas Pertanian, Musanif yang ditemui dalam acara puncak hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-53 di Jakarta, Minggu (12/11/2017), jeruk seperti Sambas dapat membantu pemenuhan gizi seseorang. Konsumsi buah seperti jeruk, menurutnya bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat.

Secara umum jeruk memang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti penjelasan berikut ini:

1. Untuk menurunkan risiko stroke

Menurut American Heart Association, makan dalam jumlah yang lebih tinggi dari senyawa yang ditemukan dalam buah jeruk dapat menurunkan risiko stroke iskemik bagi perempuan. Stroke iskemik terjadi pada sel-sel otak yang mengalami kekurangan oksigen dan nutrisi yang disebabkan penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah (arteriosklerosis). Mengkonsumsi jeruk dalam jumlah yang tinggi memiliki risiko 19% lebih rendah terkena stroke iskemik ketimbang wanita yang mengkonsumsi sedikit.

2. Mencegah Kanker

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, mengkonsumsi manfaat pisang, jeruk dan jus jeruk dalam dua tahun pertama kehidupan dapat mengurangi risiko pengembangan leukimia.Sebagai sumber yang sangat baik dari manfaat antioksidan, vitamin C dalam jeruk juga dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker. Jumlah vitamin C yang diperlukan yang dikonsumsi untuk tujuan terapeutik kanker dan serat tinggi dari buah-buahan dan sayur-sayuran berkaitan dengan penurunan resiko kanker kolorektal.

3. Buah Jeruk membantu menjaga sistem imun

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Satu buah jeruk berukuran sedang dapat memenuhi sekitar 72% dari kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Vitamin C pada jeruk juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : health.detik