Philippe Coutinho Segera Berseragam  FC Barcelona | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Liverpool memang kehilangan sosok bintang usai kepergian Philippe Coutinho. Tapi dari sisi finansial, The Reds meraup untung banyak dengan menjual Coutinho.

Coutinho selangkah lagi jadi pemain Los Cules setelah Liverpool sepakat dengan nilai transfer 142 juta pound sterling yang dibayarkan musim dingin ini. Coutinho sudah terbang ke Barcelona untuk menjalani tes medis.

Kehilangan Coutinho tentu sangat disayangkan pihak klub, Juergen Klopp selaku manajer, dan juga fans mengingat betapa pentingnya peran pemain asal Brasil tersebut.

Coutinho menempati urutan teratas pemain Liverpool dalam hal assist (35), peluang yang dibuat (301), peluang emas (52), tembakan (504), dan juga dribel (344). Dia hanya kalah soal urusan gol di posisi kedua dengan 41 gol.

Maka wajar jika Liverpool begitu ngotot mempertahankannya sejak musim panas lalu saat Barca berkali-kali memberi tawaran. Tapi untuk kali ini, Liverpool tak bisa menolak uang 2,58 triliun rupiah yang disodorkan Barca.

Pasalnya Coutinho sudah ngotot ingin meninggalkan Liverpool dan ini terjadi tepat lima tahun setelah kedatangannya ke Anfield. Coutinho didatangkan di era Brendan Rodgers pada Januari 2013.

Saat itu Coutinho bukan siapa-siapa dan cuma pemain yang terbuang dari skuat Inter Milan yang sebenarnya kala itu tidak bagus-bagus amat. Tapi Brendan Rodgers, manajer Liverpool, saat itu melihat potensi besar dalam diri Coutinho.

Didatangkan dengan banderol 8,5 juta pound atau sekitar Rp 154 miliar dari Inter,Coutinho kini bernilai 142 juta pound. Itu artinya selama lima tahun, Liverpool berhasil menempa Coutinho dan menaikkan harganya sebesar 133,5 juta pound (Rp 2,4 T). Selama berseragam merah-merah, Coutinho tampil 201 kali dengan torehan 54 gol dan 46 assist.

Apalagi jika melihat fakta bahwa Coutinho tidak bisa bermain di Liga Champions karena aturan cup-tied, maka harga 142 juta pound terlihat mahal.

“Sulit membayangkan apa yang bisa Philippe dapatkan karena tidak bisa bermain di Liga Champions bersama mereka, mereka tengah berlari di liga, dan dia juga bakal tampil di Piala Dunia ketika musim berakhir,” ujar eks pemain Liverpool, Phil Thompson.

“Apakah dia bakal bermain reguler setiap pekannya di Barcelona? Saya tidak yakin. Philippe bakal bermain terus andaikan tetap di Liverpool. Dia bisa bermain di Liga Champions,” sambungnya.

“Ini kesempatan besar untuknya bermain setiap pekan, bermain di level tertinggi bersama Liverpool. Saya sulit membayangkan itu bisa terjadi.”

“Tapi harganya fantastis. Uang dalam jumlah sangat besar, yang mana akan sulit ditolak,” tutup Thompson yang membela Liverpool di era 80-an. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : sport.detik