Prosesor Kirin 980 Bikinan Huawei | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Meski belum ada perangkat yang memakai prosesor Kirin 980 besutan Huawei, hasil benchmarknya sudah beredar di dunia maya. Seperti apa?

Kirin 980 diposisikan oleh Huawei sebagai penantang prosesor A12 Bionic milik Apple. Kedua prosesor ini dibandingkan karena sama-sama dibuat menggunakan proses pabrikasi 7 nm, yang merupakan peningkatan dari prosesor 10 nm yang sebelumnya dipakai di ponsel-ponsel flagship.

Hasil benchmark Kirin 980 yang muncul di laman situs Geekbench ini terpasang di ponsel Mate 20 yang akan diluncurkan beberapa minggu ke depan, demikian dikutip dari Phone Arena, Senin (1/10/2018).

Ponsel tersebut mendapat skor 3390 di pengujian single core dan 10318 di pengujian multi core. Skor ini jauh lebih tinggi dibanding ponsel-ponsel lain yang masih menggunakan prosesor 10 nm seperti Exynos 9810 di Galaxy Note 9 atau Snapdragon 845 di onePlus 6.

Namun jika dibandingkan dengan iPhone XS dan XS Max, ternyata skornya masih kalah dibanding duo ponsel anyar Apple tersebut. iPhone XS mendapat skor 4795 di pengujian single core dan 11170 di pengujian multi core, atau 10-30% lebih tinggi ketimbang Kirin 980.

Padahal, sebelumnya Huawei yakin kalau prosesor besutannya itu bisa menyalip performa A12 Bionic yang dipakai di iPhone XS dan XS Max.

Namun sekali lagi yang perlu diingat adalah, skor benchmark ini sama sekali tak mengindikasikan performa ponsel itu di penggunaan sehari-hari. Lagipula, kemungkinan Mate 20 yang diuji dalam benchmark tersebut merupakan versi pra rilis, dan hasilnya bisa saja lebih tinggi dari itu ketika nanti sudah dirilis resmi ke publik. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : inet.detik