Rekomendasi Emas 14 April 2021: Naik karena Data Inflasi Lebih Tinggi dari Perkiraan | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Harga emas mengalami rally ke ketinggian harian setelah keluarnya laporan Consumer Price Index (CPI) AS yang lebih tinggi daripada yang diperkirakan dan kekuatiran akan inflasi yang bermasalah. Emas berjangka kontrak bulan Juni naik $14 ke $1,746.70 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Mei naik $0.583 ke $25.45 per ons.

Laporan mengatakan bahwa Consumer Price Index (CPI) AS naik 0.6% pada bulan Maret, setelah kenaikan sebesar 0.4% pada bulan Februari. Data ini sedikit lebih kuat daripada yang diperkirakan. Konsensus memperkirakan kenaikan sebesar 0.5%. Kenaikan bulanan di bulan Maret ini adalah kenaikan terbesar sejak kenaikan 0.6% pada bulan Agustus 2012. Laporan ini juga mengatakan bahwa angka inflasi tahunan umum naik 2.6% pada bulan Maret. Dengan mengeluarkan harga energi dan makanan yang volatile, inflasi inti naik 0.3% yang juga lebih tinggi daripada yang diperkirakan oleh para ekonom sebesar 0.2%.

Dollar AS telah naik duluan sebelum data CPI dikeluarkan, naik bersamaan dengan naiknya yields obligasi AS, karena ekspektasi akan naiknya data CPI AS. Dengan dollar AS telah naik duluan sebelum data CPI keluar, maka pada saat data CPI keluar, bahkan apabila angkanya naik sesuai dengan yang diperkirakan maka dollar AS akan berbalik turun karena pasar mengalami apa yang dinamakan dengan “buy the rumor, sell the fact”.

Pasar saham global kebanyakan naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah bervariasi pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai, karena konsolidasi tehnikal dari keuntungan yang tinggi sebelumnya, dimana indeks saham mencetak rekor harga diketinggian.

“Support” terdekat menunggu di $1,730.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,721.60 dan kemudian $1,700.00. “Resistance” terdekat menunggu di $1,756.20 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,775.00 dan kemudian $1,800.00. PT KONTAK PERKASA FUTURES

vibiznews.com