Rekomendasi Emas 19 Agustus 2021: Turun dengan Naiknya Dolar AS | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Harga emas diperdagangkan turun pada awal perdagangan sesi AS hari Rabu. Pergerakan naik harga emas memiliki sedikit keuntungan tehnikal jangka pendek yang mengundang para pembeli yaitu trader jangka pendek yang berdasarkan grafik tehnikal. Bertambahnya keengganan terhadap resiko di pasar pada minggu ini menambah dukungan terhadap permintaan safe-haven pasar emas.

Namun kenaikan dollar AS yang kuat mengatasi pergerakan naik harga emas. Di AS, kabar buruk adalah kabar baik bagi dollar AS. Dollar AS mendapatkan pijakan naik dengan terus meningkatnya kasus harian dengan angka rata-rata telah mencapai 140.000. Beberapa rumah sakit di Selatan hampir penuh. Dollar AS juga mendapatkan dukungan naik dari keprihatinan akan pertumbuhan global yang berasal dari melemahnya data ekonomi AS.

Consumer confidence AS bulan Agustus mengejutkan dengan kejatuhan di bawah level sebelum pandemik. Sementara penjualan ritel bulan Juli juga meleset dari yang diperkirakan dengan kejatuhan ke 1.1%, lebih buruk daripada yang diperkirakan.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $3.70 ke $1,783.00 per troy ons. Sementara perak Comex bulan September naik $0.071 ke $23.73 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam dengan saham-saham Asia kebanyakan turun dan saham-saham Eropa stabil mengarah naik. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Sikap yang “risk-off” meningkat pada pertengahan minggu ini.

Para trader sedang menantikan keluarnya risalah pertemuan FOMC the Fed untuk melihat arah kebijakan moneter Federal Reserve dan kemungkinan akan dilakukannya “tapering” atas program pembelian obligasi pemerintah. Banyak pengamat pasar yang memperkirakan dan percaya the Fed akan mulai melakukan “tapering” pada bulan musim gugur ini, yang akan menaikkan dollar AS dan menekan harga emas.

“Support” terdekat menunggu di $1,774 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,760 dan kemudian $1,740. “Resistance” terdekat menunggu di $1,795 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800 dan kemudian $1,805. PT KONTAK PERKASA FUTURES

vibiznews.com