Rekomendasi Emas 2 Februari 2021: Naik Menyusul Perak Karena Redditors Beralih Dari Saham GameStop ke Perak | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Harga perak berjangka naik tinggi menyentuh ketinggian dalam 8 tahun di $30.35 pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat. Para trader ritel yang dipanasi oleh chatrooms di sosial media sedang menyerang mereka yang suka menekan harga di pasar. Para trader ritel ini berusaha memaksa para trader yang memasang posisi jual di pasar untuk menyerah kalah.

Kenaikan harga emas selain karena mengikuti kenaikan harga perak juga karena bertambahnya permintaan “safe-haven” ditengah goyahnya pasar saham baru – baru ini. Emas berjangka kontrak bulan April sempat naik $17.30 ke $1,867.40 per ons.

Apa yang terjadi di pasar, memulai minggu perdagangan yang baru di bulan Februari adalah harga perak naik melejit ke ketinggian 8 tahun di atas $30 per ons, dengan para trader ritel menggencet mereka yang punya posisi jual di pasar perak. Sosial media ramai selama akhir minggu lalu, khususnya di Reddit, dengan sekelompok trader ritel yang semakin bertambah banyak jumlahnya beralih mencari pasar yang lain untuk dihajar. Kali ini giliran pasar perak yang menurut mereka di dominasi dan dimanipulasi oleh para “Big Boys” di Wall Street. Apa yang dilakukan oleh para trader ritel – Redditors – ini melanjutkan kepahlawanan mereka di GameStop pada minggu lalu, dimana para trader ritel yang kecil – kecil menggencet “hedge-fund” besar yang suka menekan bisnis – bisnis yang sedang dirundung masalah. Apa yang dilakukan oleh para Redditors ini membawa ketakutan kepada “hedge-fund” yang besar di Wall Street yang suka menjual saham yang mereka rasa sedang mengalami masalah saat ini atau ke depannya nanti.

Aksi beli yang dilakukan oleh para Redditors ini didukung oleh fundamental pasar metal berharga yang memang cenderung naik. Para veteran pengamat pasar sudah memperhitungkan dampak inflasi akibat banyaknya likuiditas di pasar keuangan akibat stimulus yang dikeluarkan oleh bank sentral dan pemerintah yang akan mendorong naik harga di pasar komoditi termasuk metal berharga.

“Support” terdekat menunggu di $1,851.70 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,832.40 dan kemudian $1,825.00. “Resistance” terdekat menunggu di $1,878.90 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,886.56 dan kemudian $1,900,00. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting