Rekomendasi Emas 26 Maret 2021: Turun karena Kuatnya USD dan Jatuhnya Minyak | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Harga emas turun pada awal perdagangan sesi AS. Menguatnya dollar AS dan jatuhnya harga minyak mentah pada minggu ini telah menekan pergerakan naik harga emas.

Emas berjangka kontrak bulan April turun $7 ke $1,726 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Mei turun $0.616 ke $24.625 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam, dengan saham-saham Eropa kebanyakan melemah dan saham-saham Asia kebanyakan menguat. Indeks saham AS mengarah melemah pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Kejadian yang menyolok di pasar pada minggu ini adalah naiknya dollar AS di pasar forex dan jatuhnya harga minyak mentah di pasar komoditi. Hal kunci diluar pasar metal berharga ini, adalah naiknya indeks dollar AS yang menyentuh level tertinggi selama empat bulan dalam perdagangan semalam. Naiknya imbal hasil obligasi di AS yang melampaui imbal hasil obligasi pemerintah negara lainnya, mengundang arus modal masuk ke dollar AS, termasuk dari matauang euro. Amerika Serikat mengalahkan zona Euro dalam hal prospek pertumbuhan ekonomi dan pertempuran melawan Covid – 19.

Naiknya dollar AS juga ditopang oleh positipnya prospek pemulihan ekonomi AS. Departemen Perdagangan AS mengatakan bahwa GDP kuartal ke empat final AS bertumbuh 4.3%, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 4.1% dan angka ini adalah lebih baik daripada yang diperkirakan para ekonom yang memperkirakan angka GDP kuartal ke empat final tidak berubah.

Klaim pengangguran mingguan AS turun sebanyak 97.000 ke 684.000, lebih baik daripada yang diperkirakan pasar. Ini adalah pertama kalinya klaim pengangguran AS turun dibawah 700.000 sejak pandemik Covid – 19 dimulai setahun yang lalu. Konsensus para ekonom memperkirakan klaim pengangguran mingguan AS akan muncul di angka 730.000 setelah angka sebelumnya direvisi naik ke 781.000.

Sementara itu, harga minyak mentah yang sempat turun ke $57 berhasil naik lagi ke $60.64 pada hari Rabu, tertolong dengan berita bahwa kapal container terbesar dunia terdorong kepinggir oleh angin yang besar pada hari Selasa sehingga terdampar di Kanal Suez Mesir, dan merintangi pengapalan global. Pada hari Kamis harga minyak mentah sudah turun lagi ke $57.80.

“Support” terdekat menunggu di $1,722.30 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,702.15 dan kemudian $1,673.30. “Resistance” terdekat menunggu di $1,738.40 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,747.00 dan kemudian $1,754.20. PT KONTAK PERKASA FUTURES

vibiznews.com