Rekomendasi Harga Emas 30 Oktober 2020: Tertekan Turun Karena Data Ekonomi AS | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Harga emas melemah pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat. Metal berharga terpukul oleh menguatnya indeks dolar AS pada mingguini. Metal berharga belum mendapatkan banyak permintaan safe-haven ditengah goyahnya pasar saham AS. Emas berjangka kontrak bulan Desember turun $4.50 per ons pada $1,874.40. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 995.000,- per gram, turun Rp 12.000,-

Sementara pasar tenaga kerja AS terus menunjukkan perbaikan dengan semakin sedikit orang yang mengajukan klaim pengangguran. Data terakhir dari minggu lalu menunjukkan level klaim pengangguran terendah sajak ekonomi AS terpukul hebat oleh pandemik Covid – 19. Klaim pengangguran mingguan AS turun sebanyak 40.000 menjadi 751.000 lebih baik daripada yang diperkirakan pasar di 773.000.

Harga emas semakin tertekan dengan data ekonomi AS, GDP kuartal ketiga naik tajam melebih daripada yang diperkirakan. Departemen Perdagangan AS mengatakan bahwa ekonomi AS kuartal ketiga menunjukkan pertumbuhan ekonomi sebesar 33.1%, pulih dari penurunan sebesar 31.4% yang dilaporkan pada kuartal kedua dan lebih tinggi daripada yang diperkirakan pasar sebesar 32%.

Para ekonom memberikan catatan bahwa ini adalah rekor pertumbuhan ekonomi AS yang terbaik. Harga emas turun lagi ke $1,869.20 per ons sebagai reaksi awal dari keluarnya data GDP AS ini.

Pasar saham kebanyakan bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah menguat karena koreksi atas kerugian yang tajam pada hari Rabu. Sekali lagi para trader dan investor menganggap ringan prospek dari penularan Covid – 19 menjelang musim dingin yang akan segera datang. Eropa ada dalam kondisi yang lebih buruk daripada Amerika Serikat, namun para ahli kesehatan mengatakan bahwa Amerika Serikat hanya sekitar empat minggu dibelakang Eropa. Perancis sedang memasuki lockdown total untuk kedua kalinya pada tahun ini, sementara negara Eropa lainnya sedang berada di dalam berbagai tingkat penutupan bisnis yang meningkat. Keprihatinan menjelang pemilihan presiden AS juga mendominasi pasar pada hari Kamis.

Penurunan harga emas selanjutnya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1.869 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1.851 dan kemudian $1.825. Sedangkan kenaikannya kembali akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1.885  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1.900 dan kemudian $1.920. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting