Rekomendasi Harga Emas 5 November 2020: Harga Emas Tidak Bergerak Ditengah Ketidak jelasan Hasil Pilpres | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Harga emas stabil pada awal perdagangan sesi AS. Pasar metal berharga dan banyak pasar lainnya berhenti sejenak ditengah penghitungan suara pemilihan presiden AS yang hasilnya masih belum jelas. Emas berjangka kontrak bulan Desember turun $1.60 per ons pada $1,908.80. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 1.004.000,- per gram, tidak berubah.

Pasar saham Asia dan Eropa bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat perdagangan sesi New York dimulai.

Presiden Trump sekali lagi membuktikan dirinya jauh lebih baik daripada yang diperkirakan polling. Masih memerlukan waktu beberapa hari lagi sebelum pemenangnya diumumkan resmi. Trump sudah mengatakan bahwa dia akan memperkarakan hasilnya apabila dia sampai kalah, ditengah kepastian bahwa dia akan memenangkan pilpres dan ditengah rawannya kecurangan dari suara-suara yang masuk melalui pos surat khususnya setelah tanggal 3 November dan sempat dihentikannya penghitungan suara di beberapa negara bagian dan berubah-ubahnya suara yang dihitung.

Pasar akan tetap sepi dan malas bergerak sampai pemenang yang pasti diumumkan. Sementara itu, Republikan kelihatannya akan tetap memegang kontrol atas Senat AS, sementara Demokrat akan tetap memegang kontrol atas Kongres AS.

Harga emas sempat mendapatkan minat pembeli pada pertengahan minggu ditengah pemilihan presiden yang teratur. Meskipun persaingan yang ketat bisa memakan waktu berhari-hari dan bahkan lebih lama lagi untuk menentukan pemenangnya, para trader dan investor tidak menunjukkan keengganan terhadap resiko pada hari Rabu. Pasar juga agak ditenangkan dengan kenyataan sebegitu jauh tidak ada kerusuhan massal di jalan-jalan AS.

Kenaikan harga emas akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,917.90 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,925.00 dan kemudian $1,939.40. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,900.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,881.80 dan kemudian $1,851.00. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting