Stimulus Corona Disetujui Trump, Bursa AS Menguat | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Bursa saham Amerika Serikat (AS) bergejolak dan menguat pada penutupan perdagangan Senin. Stimulus Corona yang akhirnya disetujui Presiden AS Donald Trump jadi pemicunya, hal ini dinilai menjadi sinyal kuat pemulihan ekonomi.

Dilansir dari Reuters, Selasa (29/12/2020), masing-masing indeks utama Wall Street ditutup menguat. Dow Jones Industrial Average naik 204,1 poin, atau 0,68% menjadi 30.403,97.

Kemudian indeks S&P 500 naik 32,3 poin, atau 0,87% menjadi 3.735,36 dan Nasdaq Composite bertambah 94,69 poin, atau 0,74%, menjadi 12.899,42.

Pada Minggu malam, Trump menarik ancamannya untuk memblokir RUU yang memulihkan tunjangan pengangguran bagi jutaan orang Amerika dan mencegah penutupan pemerintah federal.

“Ini adalah nada positif untuk pasar AS, hal ini adalah bagian dari suksesnya penandatanganan paket stimulus oleh Trump, yang tampaknya diragukan tetapi akhirnya tercapai,” kata Tim Ghriskey, kepala strategi investasi di Inverness Counsel di New York.

Saham yang terpukul oleh penguncian virus Corona pun, seperti maskapai penerbangan dan operator pelayaran juga ikut meningkat.

Indeks maskapai S&P 1500 naik 0,9% karena operator ditetapkan untuk menerima tambahan bantuan penggajian di bawah bantuan pemerintah yang baru. Di sisi lain, Operator kapal pesiar Royal Caribbean Cruises Ltd, Carnival Corp dan Norwegian Cruise Line Holdings Ltd masing-masing naik setidaknya 3%.
Saham lainnya, seperti Tesla Inc juga menguat tipis 0,3%. Penguatan terjadi setelah laporan bahwa pembuat mobil listrik akan mulai beroperasi di India awal tahun depan.

Lockheed Martin Corp menguat 0,6% setelah pembuat jet tempur tersebut mengatakan telah mengirimkan 123 jet F-35 pada tahun 2020, mendekati akhir dari prospek yang direvisi.

Volume di bursa AS adalah 9,93 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 11,45 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir. PT KONTAK PERKASA FUTURES