Stop Kebiasaan Buka Handphone Saat Bangun Tidur! Ini Alasannya | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA –  Apa yang kamu cari saat bangun tidur? Pasti handphone kan. Rasanya handphone tidak pernah bisa ditinggalkan saat mata terbuka, walau hanya sekedar mengecek kabar di media sosial.

Menurut penelitian dari IDC Research, sekitar 80 persen pengguna smartphone memeriksa gadgetnya minimal selama 15 menit saat bangun tidur. Dan itu adalah sebuah masalah besar.

Kebiasaan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apa saja?

1. Meningkatkan stres dan cemas

Saat kamu bangun dan langsung membuka handphone, kamu mulai dibombardir dengan pesan, e-mail, list pekerjaan, dan stimulan lain yang bisa meningkatkan stres dan rasa cemas. Stimulasi itu mendorong perhatianmu dan tidak memberimu waktu untuk memulai hari.

Sebuah penelitian dari University of Gothenburg di Swedia menunjukkan efek dari penggunaan smartphone pada orang berusia 20-an, yakni penggunaan handphone berlebih berkaitan dengan peningkatan laporan depresi, baik pada pria maupun wanita.

2. Waktu dan perhatianmu dibajak

Dengan memeriksa media sosial, e-mail, atau pesan tepat saat bangun tidur membuat otakmu mudah dimasuki opini ataupun permintaan orang lain. Pikiran, ide, dan fokusmu akan dibajak oleh sederat notifikasi di handphone-mu.

Bukan hanya itu, waktumu juga dibajak oleh handphone. Saat kamu mulai memeriksa media sosial selama 5 menit, kamu bisa keterusan hingga akhirnya menghabiskan waktu 30 menit hanya untuk scroll media sosial.

3. Mengacaukan produktivitas

Sebagian besar orang beranggapan bahwa mereka dapat dengan lancar beralih fokus dari handphone ke hal lain. Namun pada kenyataannya tidak. Para ahli mengatakan, informasi yang terlalu banyak didapat saat bangun tidur dapat benar-benar mengganggu kemampuan seseorang yang akhirnya bisa mengacaukan produktivitasnya.

Dengan kata lain, kemampuan untuk fokus bisa menurun drastis saat kamu memulai harimu dengan handphone. Jadi cobalah untuk mengubah kebiasaanmu itu! PT KONTAK PERKASA FUTURES

detik.com