Terinspirasi dari Pesawat Terbang, Motor ini Mesinnya Terbalik | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Sebuah perusahaan otomotif kecil Italia milik Daniele Sabatini, Nembo Motorcyclette, bersiap memproduksi sport naked bike yang unik. Jika biasanya hanya suspensi yang upside down, kali ini mesin yang digendong berkonsep terbalik atau upside down juga.

Melansir dari newatlas, dikatakan bahwa Nembo 32 terinspirasi dari mesin pesawat tempur milik armada Jerman saat perang dunia ke II, yang memaksimalkan titik pusat gravitasi.

Bagi perakit Nembo, merendahkan titik gravitasi tidak begitu penting. Saat pengendara di atas sepeda motor, cara terbaik untuk menjaga massa dalam lingkaran sekecil mungkin adalah dengan membalikkan mesin pada posisi bagian atas, sedangkan pada bagian silinder yang paling ringan ada di bawah.

“Anda tidak dapat mengatakan bahwa mesin ini baru dalam sejarah sepeda motor, seperti pada tahun 1939, sepeda motor Perancis, MGC 600 cc sudah pernah dilengkapi mesin inline terbalik, namun proyek berakhir karena perang,” tulis Nembo dalam situs resmi perusahaan.

Foto yang ditampilkan merupakan prototipe versi 1.844 cc, saat diproduksi Motor sport naked bike bernama Nembo 32 ini akan mengusung mesin berkapasitas 2 liter (upside down), tiga silinder yang mampu menghasilkan 200 tenaga kuda, dan mencapai torsi puncaknya pada 210 Nm di 5500 rpm, bahkan motor ini disebut sebagai kelelawar yang keluar dari neraka.

Nembo merupakan perusahaan kecil di Italia, semua bagian Nembo 32 diproduksi dengan tangan yang dibantu dengan mesin presisi CAD/CAM, seperti frame, swingarm, tanki, dan bodywork diproduksi sendiri. Hanya roda, suspensi, rem, dan elektronik yang berasal dari pemasok pihak ketiga yang memiliki signifikasi global.

Bobotnya sendiri tergantung spesifikasinya namun Nembo memastikan tidak lebih dari 160 kg. Swingarm atau lengan ayun, serta pelek yang digunakan adalah serat karbon sehingga lebih ringan.

Dari sektor kaki-kaki, pada suspensi udara yang bisa disetel ini dipercayakan pada produk Bellapradona. Sementara pada bagian roda bagian belakang berukuran lebar 200 mm untuk menyalurkan daya dan putaran mesin langsung ke lantai aspal. Garpu depan mengandalkan buatan Marzocchi yang dapat disetel baik rebound maupun damper-nya, dan penggunaan rem menggunakan milik Brembo.

Sebelum masuk ke tahap produksi, Nembo sudah melakukan serangkaian uji kendaraan lewat dua motor prototipenya, yakni Nembo #001 dan #002. Pada Oktober 2010, mesin upside down dipasang untuk pertama kalinya.

Nembo sempat dipilih oleh BMW Group untuk ditampilkan pada Villa de Este Elegance Competition. Pada juli 2013, semua tes pada prototipe sudah selesai dan prototipe kedua telah diuji oleh majalah sepeda motor utama Italia “Motorciclismo”. Namun sejak 2014 tidak menunjukkan kembali batang hidungnya.

Kini pencipta Nembo 32, Daniele Sabatini beralih ke crowdfunding dalam upaya untuk membuat mesin unik mereka menjadi produksi.

Melalui situs Indiegogo, untuk melakukan pemesanan diperlukan uang sebesar minimal USD 5.700 atau sekitar Rp 80 jutaan. Namun belum diungkapkan secara pasti banderolan resmi motor.

Pada tahap pertama motor akan diproduksi sebanyak 11 unit, dan pembeli mendapatkan bonus dengan menuliskan nama pada bagian chassis. PT KONTAK PERKASA FUTURES