Turun Karena Naiknya Saham Global | PT KONTAK PERKASA FUTURES

PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Harga emas turun tertekan oleh karena naiknya pasar saham global, termasuk ketinggian rekor baru di indeks nasdaq dan S&P 500. Hanya ada sedikit keengganan terhadap resiko di pasar pada saat ini, dan hal ini adalah faktor “bearish” bagi metal yang “safe-haven”.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $7.90 per ons pada $1,962.60. Sementara emas Antam di tawarkan beli pada Rp 1.024.000,- per gram, turun Rp 2000,-

Sebelumnya harga emas sempat naik karena laporan pekerjaan swasta AS dari ADP untuk bulan Agustus muncul di 428.000 yang meleset jauh daripada yang diperkirakan sebesar 1 juta pekerjaan.

Pasar saham global kebanyakan mengalami kenaikan dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS juga solid mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Nasdaq dan S&P 500 menyentuh rekor baru dalam perdagangan semalam. Pada saat ini, para trader dan investor lebih fokus kepada data ekonomi AS yang umumnya lebih baik daripada yang diperkirakan pasar.

Mata uang Euro mengalami penurunan setelah sempat naik menyentuh ketinggian selama 1,5 tahun pada perdagangan hari Selasa. Philip Lane, kepala ekonom dari ECB, yang mengatakan bahwa ECB sedang memperhatikan valuasi dari matauang. Pejabat European Central Bank (ECB) ini pada hari Rabu menyatakan keprihatinannya mengenai apresiasi dari matauang bersama Eropa ini terhadap rivalnya dolar AS.

Data penting diluar pasar metal berharga adalah naiknya indeks dolar AS karena koreksi normal setelah menyentuh kerendahan selama dua tahun pada hari Selasa.

Penurunan harga emas selanjutnya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,950.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,940.00 dan kemudian $1,900.00. Sedangkan kenaikannya kembali akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,972.40 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,992.50 dan kemudian $2,000.00. PT KONTAK PERKASA FUTURES

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting