Kalahkan Like Instagram Kylie Jenner, Ini Dia Manfaat Sehat Telur | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Rekor like Instagram terbanyak di dunia tahun 2018 sebelumnya dipegang oleh Kylie Jenner, kini dipecahkan oleh gambar sebuah telur biasa. Tercatat per hari ini (15/1), jumlah like di foto telur tersebut sudah mencapai 38,1 juta.

Telur sudah menjadi salah satu bagian hidup yang kerap kita temui. Telur ayam, bebek, atau burung puyuh menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia, dan juga dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi terbaik.

Dirangkum dari Health Line, ada banyak manfaat sehat dari telur yang perlu kamu ketahui:

1. Kaya akan nutrisi
Telur menjadi makanan paling bernutrisi yang ada di bumi, tak heran 38,1 juta orang menyukai fotonya ya. Dalam satu butir telur ayam utuh mengandung hampir seluruh nutrisi terbaik, karena dibutuhkan untuk mengubah satu sel menjadi anak ayam nantinya.

Sebutir telur ayam rebus ukuran besar mengandung vitamin A, folat, vitamin B5, B12, B2, fosfor, selenium, vitamin D, E, K, kalsium dan zinc. Beberapa orang menjadikannya salah satu makanan untuk diet karena mengandugn 77 kalori, 6 gram protein dan 5 gram lemak sehat.

Seluruh nutrisi tersebut diketahui sangat penting dalam kesehatan manusia. Terutama jika kamu memakan telur yang kaya akan asam lemak omega-3 yang ditandai dengan bagian ‘kuning telur’ berwarna merah atau oranye gelap.

2. Tinggi kolesterol, tapi….
Walau disukai banyak orang, namun beberapa menghindarinya karena kandungan kolesterolnya yang diketahui sangat tinggi. Dalam sebutir telur terkandung 212 mg kolesterol, lebih dari separuh asupan harian kolesterol yang disarankan yakni 300 mg.

Akan tetapi, kolesterol dalam makanan tidak serta merta menaikkan kolesterol di dalam darah bagi sebagian besar orang. Bahkan hati atau liver kita juga memproduksi sejumlah besar tiap harinya.

Bagi orang yang memiliki kelainan genetik seperti familial hypercholesterolemia atau memiliki jenis gen ApoE4 disarankan untuk membatasi atau menghindari konsumsi telur.

3. Meningkatkan kolesterol baik
HDL atau high-density lipoprotein merupakan nama lain dari kolesterol ‘baik’ dalam tubuh kita. Orang yang memiliki kadar HDL tinggi biasanya risiko untuk terserang penyakit rendah, seperti penyakit jantung dan stroke.

Memakan telur jadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan HDL. Dalam sebuah studi, memakan dua butir telur tiap hari selama enam minggu meningkatkan kadar HDL sebanyak 10 persen.

4. Mengandung choline
Choline merupakan nutrisi yang kebanyakan orang tidak tahu mengenainya. Akan tetapi choline merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh dan kerap dikelompokkan dalam vitamin B. Satu butir telur menjadi sumber terbaik untuk choline, dengan kandungannya lebih dari 100 mg.

Zat ini digunakan untuk membentuk membran sel dan berperan memproduksi molekul penghantar sinyal di otak, bersamaan dengan fungsi-fungsi lainnya. Gejala kekurangan choline sangatlah serius, namun kabar baiknya, kondisi ini jarang ditemukan.

5. Turunkan risiko sakit jantung
Ada kolesterol ‘baik’, ada pula kolesterol ‘jahat’ atau low-density lipoprotein (LDL). Kadar LDL yang tinggi meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. LDL juga terbagi menjadi dua subtipe berdasarkan ukuran partikelnya.

Telah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa orang yang memiliki partikel LDL yang kecil dan padat punya risiko penyakit jantung yang lebih tinggi daripada yang memiliki partikel LDL besar.

Walau memang telur cenderung dapat menaikkan kadar kolesterol LDL pada beberapa orang, studi menunjukkan bahwa partikelnya berubah dari yang kecil dan padat menjadi besar, yang terhitung sebagai perbaikan. PT KONTAK PERKASA