Kenaikan Emas Terhapus Bagusnya Data Manufaktur AS | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Harga emas sempat naik pada awal perdagangan sesi AS didorong sebagian oleh melemahnya indeks dolar AS yang menyentuh kerendahan selama 2 tahun. Postur grafik emas berubah sepenuhnya “bullish” yang mengundang pembeli berdasarkan analisa tehnikal.

Namun pada perdagangan selanjutnya, harga emas turun sedikit ke teritori negatip dan mengalami tekanan jual secara tehnikal dengan membaiknya sentimen di sektor manufaktur AS untuk bulan Agustus yang lebih baik daripada yang diperkirakan.

ISM mengatakan bahwa indeks manufaktur AS menunjukkan angka 56% di bulan Agustus, naik dari angka 54.2% di bulan Juli. Data ini juga mengatasi dari yang diperkirakan oleh para ekonom di 54.6%. Menurut laporan dari ISM tersebut, angka ini adalah angka yang tertinggi sejak bulan November 2018.

Data yang lebih baik daripada yang diperkirakan ini telah membebani harga emas pada awal reaksi daripada pasar sehingga harga emas berjangka kontrak bulan Desember diperdagangkan di $1,979 per ons, tidak berubah pada hari itu.

Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 1.026.000,- per gram, naik Rp 6000,-

Pasar saham global kebanyakan naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS juga mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Nasdaq menyentuh rekor ketinggian berikutnya dalam perdagangan semalam, sementara S&P sekali lagi menyentuh rekor ketinggiannya.

Di benua Eropa, PMI manufaktur muncul di 51.7, sesuai dengan yang diperkirakan. Hal ini  menunjukkan pertumbuhan yang moderat di bulan Agustus dimana angka awalnya di 49. Angka diatas 50 menunjukkan perluasan sedangkan angka dibawah 50 menunjukan kontraksi. Laporan mengenai meningkatnya manufaktur iPhones dari Apple dan data PMI manufaktur Cina juga mendorong naik sentimen pasar yang positip.

Kenaikan kembali dari harga emas akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,992.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,000.00 dan kemudian $2,020.00. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,963.80 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,955.00 dan kemudian $1,924.48. PT KONTAK PERKASA

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting