PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Ingat dengan lagu-lagu ikonik dari musisi legendaris ABBA yang terkenal di dekade 1970an? Bagi para pecinta ABBA sampai film ‘MAMMA MIA!’ yang pernah booming di tahun 2008, kini bisa bernostalgia sekaligus nyanyi dan dansa bersama dalam musikal ‘MAMMA MIA!’ Jakarta.

Selama 3 jam lamanya, penonton Ibu Kota terbius oleh penampilan para pemain musikal ‘MAMMA MIA!’. Pentas dimulai dengan kemunculan set artistik sederhana bernuansa Yunani yang berubah 360 derajat ketika berpindah adegan. Set itu pula yang menyapa penonton saat malam pembukaan musikal pada Selasa (28/8) malam di Teater Jakarta, kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM).

Sophie (Lucy May Barker) menemukan buku harian ibunya Donna Sheridan (Shona White). Jelang hari pernikahannya, Sophie mencari tahu mengenai ayah kandung yang selama ini dirahasiakan ibunya. Dari buku harian, ada 3 pria yang dekat dengan Donna muda yakni Harry Bright, Bill Austin, dan Sam.
Sophie pun mengundang ketiganya untuk datang ke kampung halamannya. Tak ayal, Donna bersembunyi dan merasa malu dengan masa lalunya. Donna tetap tak mau mengungkapkan kebenaran ayah kandung dari Sophie.

Hari berjalan lambat dan satu per satu fakta mulai muncul. Sophie dan Donna terlibat perdebatan mengenai persoalan ini, yang membuat Donna sedih. “Sebenarnya ayah kamu di sini, maksudku tiga ayah yang berpotensial menjadi ayah kandungmu,” ujar Donna di hari pernikahan Sophie yang membuat heboh seisi tamu undangan.

Cerita menyentuh dari ‘MAMMA MIA’ perdana dipentaskan di West End London pada 1999 silam. Kisah mengenai persahabatan dan keluarga dari ibu dan anak perempuan itu diapresiasi hingga 60 juta orang di seluruh dunia dan sudah melakukan tur internasional ke 85 kota di 38 negara sejak 2004.

Secara live nyanyian dan tarian, para penari yang dibawa langsung dari London sukses membawakan 22 lagu-lagu ikonik ABBA. Di antaranya adalah ‘Mamma Mia’, ‘I Have a Dream’, ‘Dancing Queen’, ‘Money Money Money’, ‘Knowing Me Knowing You’, ‘S.O.S’, ‘Thank You for the Music’, ‘Chiquitita’, dan lain-lain.
Di beberapa lagu, para penonton bersorak sorai dan bertepuk tangan mendengar lagu ABBA dinyanyikan. Khususnya di lagu ‘Dancing Queen’, ‘Mamma Mia’!’, dan ‘Money Money Money’. Bahkan bagian terakhir di pentas pembuka musikal ‘MAMMA MIA’ tadi malam sungguh mengejutkan.

Shona White yang menjadi Donna Sheridan berusaha keras belajar bahasa Indonesia dan menyapa penonton. “Selamat malam Jakarta, mau satu lagu lagi malam ini?” teriaknya dari atas panggung lalu menyanyikan satu lagu lagi layaknya pagelaran konser musik.

Sontak para penonton berdiri dan mulai bernyanyi koor dengan para pemain. Tak sungkan sebagian besar malah menggoyangkan tubuhnya dari kursi tempat duduk. Lagu-lagu terakhir yang dibawakan semalam menjadi penutup yang indah dari musikal ‘MAMMA MIA!’.
Seperti perkataan Associate Producer dari tur ‘MAMMA MIA!’ Nick Grace, “Ketika kamu punya hari yang buruk dan terasa melelahkan, setelah menonton pertunjukan musikal ‘MAMMA MIA!’ kamu akan keluar gedung dengan perasaan bahagia.”

Tadi malam, tepat pukul 23.00 WIB, ribuan penonton keluar dari Teater Jakarta dengan hati yang riang. Lagu-lagu ikonik ABBA pun masih teringang di telinga sampai pagi ini. Tubuh pun rasanya ingin tetap berdendang ‘Mammia Mia’ dan ‘Dancing Queen’. Pertunjukan yang hangat dan enerjik semalam sukses membuat akhir bulan Agustus menjadi penutup yang manis. PT KONTAK PERKASA

Sumber : hot.detik