Mobil-mobil Ini Dapat Dicuri Dalam Hitungan Detik! | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Mobil-mobil yang telah mengusung sistem keyless disebut lebih rawan pencurian dibandingkan versi konvensional. Dibandingkan kunci konvensional, sistem keyless memang tampil lebih modern.

Pemilik mobil tak perlu repot-repot menggunakan anak kunci saat membuka mobil dan menyalakan mesin. Namun justru mobil-mobil yang telah mengusung sistem keyless justru malah menjadi incaran maling karena lebih mudah untuk dicuri.

Diberitakan situs What A Car, Jumat (9/8/2019), untuk masuk ke dalam mobil sistem keyless akan memancarkan sinyal yang bisa ditangkap oleh antena mobil saat pengendara mendekat ke pintu.

Hal ini lah yang dimanfaatkan para pencuri untuk mengambil mobil. Para pencuri menggunakan perangkat yang bisa mengambil kode dari kunci keyless tersebut. Mereka hanya perlu berada pada jarak sekitar lima hingga enam meter dari kunci.

Setelah didapat, kode tersebut dapat diteruskan ke perangkat lain yang dipegang oleh pencuri lain dengan posisi dekat pintu mobil. Begitu kode dimasukkan, mobil membaca bahwa sang pemilik berada di sekitar dan otomatis membuka pintu.

Kemudian jika kode dimasukkan kedua kalinya di perangkat, mesin bisa dinyalakan dengan menekan tombol starter dalam mobil.

Dalam uji coba yang dilakukan What A Car di Inggris, ada beberapa mobil bahkan yang bisa dicuri dalam hitungan detik saja.

DS 3 Crossback Puretech 155 Ultra Prestige berada di tempat teratas. Mobil ini dapat dicuri dalam waktu 10 detik saja. Di tempat kedua ada Land Rover Discovery Sport TD4 180 HSE (2018) yang mudah dicuri dalam waktu 30 detik.

Pintu mobil Land Rover Discovery SD6 306 HSE bisa dibuka dalam waktu 20 detik. Namun mobil tak bisa dikendarai ketika pintunya telah dibuka.

Mobil Jerman BMW X3 xDrive 20i M Sport (2018) dapat dicuri dalam waktu 60 detik dengan ‘smart key’ dalam posisi aktif. Begitu pula dengan Audi TT RS, Ford Fiesta 1.0 Ecobost 140 ST-Line X, dan Mercedes A-Class A220 AMG Line. Ketiga model tersebut dapat dicuri dalam waktu kurang dari satu menit namun pada posisi ‘smart key’ aktif. PT KONTAK PERKASA