Rekomendasi Emas 13 Oktober 2021: Naik karena Permintaan Safe-Haven akibat Naiknya Harga Energi | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Harga emas naik pada awal perdagangan sesi AS dengan pasar tidak tenang pada hari Selasa, ditengah naiknya harga energi yang mempengaruhi pasar yang lainnya, termasuk pasar metal berharga.

Emas berjangka kontrak bulan Desember naik $7.20 ke $1,761.00 per ons. Sementara perak Comex bulan Desember turun $0.05 ke $22.615 per ons.

Pasar saham global bervariasi namun kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit naik pada saat perdagangan sesi New York dimulai. Para trader dan investor dilanda kekuatiran mendekati pertengahan bulan Oktober.

Keprihatinan terdepan adalah mengenai supply dari energi memasuki musim dingin. Dengan mulai datangnya bulan – bulan musim dingin dan udara yang lebih dingin masuk, permintaan energi bertumbuh.

Menyebarnya kekurangan energi di Asia, Eropa dan AS telah membuat harga minyak mentah WTI dan gasoline naik membumbung tinggi.

Dalam catatannya pada hari Senin, Reuters mengatakan bahwa di belahan bumi yang jauh lainnya seperti India, sebagian negara bagian mengalami pemadaman total karena kekurangan batubara. Di Cina, pemerintah memerintahkan para penambang batubara untuk meningkatkan produksi batubara dengan harga energi membumbung naik.

Meningkatnya inflasi yang sebagian disebabkan oleh karena naiknya harga energi, juga membuat pasar menjadi tidak tenang sehingga meningkatkan permintaan akan safe-haven.

“Support” terdekat menunggu di $1,750 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,745 dan kemudian $1,721. “Resistance” terdekat menunggu di $1,771 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,788 dan kemudian $1,800. PT KONTAK PERKASA

vibiznews.com