Rekomendasi Emas 14 Januari 2020: Naik Karena Permintaan Safe-Haven | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Harga emas berjangka naik moderat pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat karena permintaan safe-haven dengan meningkatnya keengganan terhadap resiko di pasar pada pertengahan minggu. Emas berjangka kontrak bulan Februari terakhir naik $9.90 pada $1,854.10 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit naik ketika perdagangan sesi New York dimulai.

Dari Amerika Serikat, lelang obligasi 30 tahun rencananya akan diadakan setelah lelang obligasi 10 tahun yang berhasil menarik banyak pembeli. Apabila permintaan yang datang tidak setinggi lelang 10 tahun, dolar AS bisa mengalami kenaikan yang pada gilirannya akan membuat harga emas mengalami penurunan.

Wakil the Fed Richard Clarida dan Gubernur Lael Brainard akan berbicara nantinya, setiap ada sebutan akan melakukan “tapering” bisa menaikkan dolar AS dan menurunkan harga emas.

Biden akan membicarakan mengenai ekonomi AS pada hari Kamis dan investor mengharapkan Biden akan mengumumkan paket bantuan senilai sekitar $3 triliun.

Hal kunci diluar pasar metal berharga adalah harga minyak mentah berjangka yang mengalami kenaikan dan menyentuh ketinggian 10 bulan dalam perdagangan semalam di sekitar $53 per barel.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,864.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,875.00 dan kemudian $1,900.00. “Support” terdekat menunggu di $1,849.10 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,841.00 dan kemudian $1,800.00. PT KONTAK PERKASA

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting