Rekomendasi Emas 18 Agustus 2021: Turun karena Naiknya USD | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Harga emas sempat naik sedikit sebelum keluarnya laporan penjualan ritel AS yang lebih lemah daripada yang diperkirakan. Pergerakan naik harga emas juga telah berhasil mendapatkan kembali sedikit keuntungan jangka pendeknya dengan bertambahnya kecemasan di pasar pada awal minggu ini yang menambah dukungan terhadap permintaan metal berharga karena permintaan safe-haven.

Namun kenaikan harga emas hanya berlangsung sangat sebentar, dengan harga emas segera berbalik turun karena arus permintaan safe-haven banyak berpindah ke dollar AS. Naiknya permintaan safe-haven terhadap dollar AS ini memukul harga emas turun.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $4.20 ke $1,782.70 per troy ons. Sementara perak Comex bulan September naik $0.019 ke $23.81 per ons.

Dolar AS mempertahankan kekuatannya selama paruh pertama hari perdagangan kemarin, khususnya terhadap rivalnya yang “high-yielding” ditengah keengganan terhadap resiko yang naik secara persisten pada awal minggu ini.

Dorongan naik dollar AS bertambah kuat, setelah keluarnya angka penjualan ritel AS bulan Juli turun –1.1% MoM yang lebih buruk daripada bulan sebelumnya di 0.7% dan daripada yang diperkirakan penurunan – 0.2%. Angka inti Retail Sales Control Group juga meleset dari yang diperkirakan turun – 0.4% MoM dibandingkan dengan yang diperkirakan kenaikan 0.2% dan dari bulan sebelumnya kenaikan 1.6%.

“Support” terdekat menunggu di $1,774 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,760 dan kemudian $1,740. “Resistance” terdekat menunggu di $1,790 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800 dan kemudian $1,805. PT KONTAK PERKASA

vibiznews.com