Rekomendasi Emas 5 November 2021: Rebound Kuat setelah Aksi Jual Besar pada Hari Rabu. | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Harga emas mengalami rebound yang kuat dari tekanan jual yang terjadi pada hari Rabu, sebelum selesainya pertemuan FOMC. Kelihatannya para trader emas telah menyiapkan diri untuk pernyataan FOMC dan nada kepala the Fed Jerome Powell, yang hawkish. Namun setelah selesainya FOMC dan konferensi pers Jerome Powell, kenyataannya the Fed tidak hawkish di dalam kebijakan moneternya sebagaimana yang diperkirakan oleh banyak orang. Selain itu ada faktor klasik dimana para trader futures jangka pendek melakukan “sell the rumor, buy the fact”.

Emas berjangka kontrak bulan Desember naik $28.20 ke $1,792.00 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Desember naik $0.634 ke $23.865 per ons.

Pasar masih terus menggali hasil dari pertemuan FOMC the Fed hari Kamis dinihari kemarin. Sebagaimana dengan yang telah diperkirakan, setelah pertemuan FOMC, kepala the Fed Jerome Powell mengatakan bahwa mereka akan mulai melakukan proses tapering terhadap pembelian asset bulanan mereka bulan ini. Mulai bulan ini, mereka akan mengurangi pembelian bulanan obligasi pemerintah sebanyak $15 miliar tiap bulan sehingga proses tapering senilai $120 miliar ini akan berakhir dalam 8 bulan, yaitu pada bulan Juni 2022. Namun ada catatan khusus terhadap pernyataan ini dimana the Fed tetap terbuka untuk mengadakan penyesuaian terhadap pengurangan bulanan jika kondisi pasar memaksa mereka melakukannya. Selain itu Powell menyatakan bahwa tingkat bunga AS tidak harus segera dilakukan setelah tapering. Hal ini cenderung ke dovish dan membantu menaikkan harga emas dari kerendahan hariannya pada hari Rabu.

BoE memutuskan untuk tetap mempertahankan tingkat suku bunga tidak berubah di 0.1% sementara memandang rendah keprihatinan akan inflasi.

“Support” terdekat menunggu di $1,780 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,772 dan kemudian $1,760. “Resistance” terdekat menunggu di $1,800 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,815 dan kemudian $1,836. PT KONTAK PERKASA

vibiznews.com