Sering Disepelekan, Ini Pentingnya Konsumsi Serat Sehari-Hari | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Untuk membuat daya tahan tubuh tetap kuat, diperlukan asupan nutirisi yang tepat sehari-harinya. Selain karbohidrat, protein, dan lemak yang bisa membentuk energi untuk beraktivitas sehari-hari, seseorang juga memerlukan asupan serat.

Ironisnya, asupan serat seringkali terlupakan karena biasanya menu makan sehari-hari hanya terdiri dari nasi dan lauk pauk. Padahal serat juga penting dikonsumsi setiap hari.

Perlu diketahui, serat berfungsi untuk mengikat lemak, gula, dan kolesterol yang masuk bersama makanan dan mengeluarkannya melalui kotoran. Serat juga bisa menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar sehingga pencernaan pun lancar. Bagi yang sedang diet, asupan serat juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Dirangkum dari Shape, beberapa buah yang tinggi akan serat yaitu apel, alpukat, dan buah berry.

Apel adalah camilan sehat dengan kandungan seratnya yang tinggi. Apel berukuran sedang menyediakan 4,4 gram serat yang digunakan untuk mengatur gerakan usus bagi sistem pencernaan yang sehat.
Sedangkan dua sendok makan per porsi alpukat memiliki sekitar 2 gram serat dan daging buah keseluruhannya mengandung sekitar 10 sampai 13 gram serat. Alpukat juga merupakan sumber asam lemak sehat yang dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Sementara beberapa jenis buah berry (raspberry, blackberry dan elderberry) menurut para ahli gizi, adalah sumber terbaik dari serat makanan, dengan 8 sampai 10 gram serat per 1 cangkir penyajian. Buah beri kaya akan kandungan zat antioksidan dan vitamin C yang baik untuk melawan kanker, melawan efek radikal bebas, dan sebagai anti penuaan dini.

Begitu juga dengan buah kiwi. Menurut Women’s Weekly, satu porsi kiwi mengandung 3,4 gram serat dan merupakan sumber vitamin C yang kaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk memenuhi asupan serat harian dengan praktis, konsumsi Love Juice yang tinggi seratnya karena dibuat dari buah asli sehingga menyehatkan. PT KONTAK PERKASA

Sumber : health.detik