Sideways Dalam Rentang yang Terbatas | PT KONTAK PERKASA

PT KONTAK PERKASA SURABAYA – Harga emas tetap bergerak dalam rentang yang terbatas pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat dan terakhir diperdagangkan di teritori netral sekitar $1,930.

Metal berharga kuning ini bergerak naik turun tipis tanpa arah yang jelas untuk perdagangan sesi kedua pada hari Senin kemarin. Kenaikan pada awalnya segera kekurangan tenaga untuk berlanjut setelah mencapai area sekitar $1,940 karena kuatnya permintaan terhadap dolar AS, yang cenderung menekan harga komoditas yang berdenominasi dolar AS.

Namun, keprihatinan mengenai berlanjutnya dengan mantap pemulihan ekonomi AS, ditengah kasus coronavirus yang masih tinggi, memperpanjang dukungan naik terhadap metal yang safe-haven ini dan dengan demikian menolong membatasi penurunan harga emas lebih lanjut.

Para investor juga kelihatannya enggan untuk mengambil resiko yang agresif ditengah kondisi perdagangan yang sepi karena liburan hari Buruh.

Secara tehnikal, metal berharga kuning ini rentan terhadap penurunan lebih lanjut. Meskipun demikian perlu berhati-hati sebelum memasang posisi jual ditengah kurangnya data ekonomi yang relevan.

Penurunan lebih lanjut akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,917.22 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,900.28 dan kemudian $1,884.14. Sedangkan kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,950.30 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,966.44 dan kemudian $1,983.38. PT KONTAK PERKASA

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting